Header Ads

  • Breaking News

    Server Side Scripting dan Client Side Scripting


    Sepriano, M.Kom - Dalam pemrograman web, Anda akan mengenal istilah Client-side dan Server-side Scripting. 2 istilah itu digunakan untuk mengelompokkan dimana kode atau bahasa pemrograman itu dijalankan, sisi client atau sisi server.

    Jika diartikan secara bahasa, Client-side berarti sisi pengguna dan Server-side berarti sisi server/penyedia.

    Client-side Scripting

    Dalam web development, client-side berarti segala sesuatu yang dilakukan atau dijalankan di sisi pengguna (komputer pengguna)

    Client-side Scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer pengguna/pengunjung. Jadi, ketika seseorang berkunjung ke sebuah web, komputernya akan mendownload data/script yang bersifat client-side di web tersebut.

    Client-side script mempengaruhi berat-tidaknya loading sebuah website yang tergantung pada kecepatan loading & spesifikasi komputer serta koneksi internet penggunanya.

    Client-side script meliputi kode-kode yang ditampilkan ketika anda mengklik kanan pada sebuah halaman web dan melihat sumber halaman (View Page Source). Contoh dari Client-side Script adalah HTML, CSS, JavaScript dan XML.

    Server-side Scripting

    Server-side Scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer server/penyedia. Jadi, setiap kali sebuah web dikunjungi, server akan mengirimkan data-data yang diminta dari database yang kemudian akan ditampilkan di web.

    Server-side Script biasanya hanya ada pada web dinamis saja. Server-side Script memengaruhi berat-tidaknya loading sebuah website bergantung pada kecepatan & spesifikasi komputer server.

    Kode-kode Server-side tidak bisa kita lihat karena sifatnya yang rahasia untuk Client. Contoh dari Server-side Script adalah PHP, ASP, ASP.Net, Java, dan masih banyak lagi.

    Sumber: devaradise

    53 komentar

    Windi mengatakan...

    Nama:Windi Gustiani
    Nim:701210166
    Kelas:3A sistem informasi

    kesimpulan server side scripting dan cliebt side scripting
    secara bahasa client-side berarti sisi pengunaan dan server-side berarti sisi server/penyedia.
    cliwnt-side script mempengaruhi berat tidaknya loding sebuah website tergantung pada kecepatan loding dan spesifikasi komputer serta koneksi internet pengunanya.
    sedangkan server-side biasanya ada pada web dinamis saja serta mempengaruhi berat-tidaknya loading sebuah website vergantung pada kecepatan dan spesifikasi komputer server.

    futurewife mengatakan...

    NAMA : NURDILLAH LAINA ASYIFA
    KELAS : 3A
    NIM : 701210088


    Client side scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh pengguna atau pengunjung jadi ketika seseorang berkunjung ke sebuah web komputer akan mendownload data script yang bersifat client side di web tersebut.
    Server side scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh server atau penyedia jadi setiap kali mengunjungi sebuah web server Akan mengirim data-data yang diminta dari database yang kemudian akan ditampilkan di website.

    Melky Ardiyansa mengatakan...

    Nama : Melky Ardiyansa
    Nim : 701210005
    Kelas: 3A

    Client side scripting
    Dalam sebuah web development artinya segala sesuatu yang di lakukan untuk di jalankan di sisi pengguna. Contoh html CSS Java script dan xml

    Server side scripting
    Pemrograman web yang pengelolaan datanya di.lakukan oleh komputer server penyedia
    Contoh PHP asp net Java dan lain lain

    Coffekenangan mengatakan...

    Nama :Resti Nur Hafizza
    Nim :701210085
    Kelas:3A

    Kesimpulannya
    Dengan adanya website ini costumer menjadi mudah mendapatkan informasi tentang barang maupun detailnya tanpa harus datang ke toko.Dengan adanya website ini fleksibilitas akan dapat tercapai karena setiap costumer dapat melakukan transaksi dimanapun dia berada.Client-side script meliputi kode-kode yang ditampilkan ketika anda mengklik kanan pada sebuah halaman web dan melihat sumber halaman (View Page Source). Contoh dari Client-side Script adalah HTML, CSS, JavaScript dan XML.Kode-kode Server-side tidak bisa kita lihat karena sifatnya yang rahasia untuk Client. Contoh dari Server-side Script adalah PHP, ASP, ASP.Net, Java, dan masih banyak lagi.

    Talitha Marsha Fidela mengatakan...

    NAMA: TALITHA MARSHA FIDELA
    NIM: 701210162
    KELAS: 3A SISTEM INFORMASI

    kesimpulan yang dapat saya ambil dari materi diatas adalah:
    1. Server side scripting
    Bahasa pemrograman yang hanya dapat diakses atau dikelola pada komputer server, sehingga pengunjung tidak dapat mengetahui script asli. Contoh PHP.
    2. Client side scripting, kebalikan dari server, dokumen nya dapat dikelola pada komputer pengunjung. Contohnya HTML, CSS.

    terima Kasih

    coretankata mengatakan...

    Nama : NUR SAFITRI
    Nim : 701210167
    kelas : 3A sistem informasi

    kesimpulan nateri 3 :

    dalam bahasa pemprograman kita akan mengenal istilah client-side dan server-side scriping.
    dimana client-side itu berarti sisi pengguna sedangkan server-side berarti penyedia.
    dapat kita artikan bahwa client-side segala ativitas yang dilakukan oleh pihak penyedia (komputer pengguna).
    sedangkan server-side scriping yang data nya di kelola oleh komputer penyedia, server-side scriping hanya ada di web dinamis.
    kode yang ada pada server-side tidak dapat dilihat karena bersifat rahasia.

    Terimakasih

    Anonim mengatakan...

    nama : nurkhofipah
    nim : 701210165
    kelas: 2A
    kesimpulan dari client-side scripting
    tidak perlu server khusus untuk menjalankannya,tidak membebani kinerja web sever.

    Anonim mengatakan...

    Nama: REZA MAULANA SYAUQI
    NIM: 701210006
    Kelas: 3A
    Prodi: Sistem Informasi
    Fakultas: Sains Dan Teknologi
    kesimpulannya adalah
    Client-side Scripting akan melakukan pengolahan data yang dilakukan oleh komputer pengguna/pengunjung jadi komputer akan mendownload data script yang bersifat Client side.
    Server-side scripting melakukan pengolahan data yang disediakan komputer server, jadi server akan mengirim data yang diminta database kemudian ditampilkan di web

    Anonim mengatakan...

    Nama : SHERINA ROSSA MELLYNDA
    NIM : 701210084
    Kelas : 2A
    Prodi : Sistem Informasi
    Fakultas: SAINTEK

    Client Side dan Server-Side Scripting yang dapat diartikan dalam bahasa Client Side adalah pengguna sedangkan Server-Side adalah penyedia.Clint Side Scripting dengan pengolahan datanya yang dilakukan oleh pengguna,dan Server-Side Scripting dengan pengolahan datanya yang dilakukan oleh penyedia/komputer.

    Hendra Saputra mengatakan...

    Hendra saputra
    NIM 701210163
    Kelas 3A sistem informasi
    client side scripting bisa disebut sebagai user/pengguna.si pengguana ini hanya bisa mengakses apa yg telah disediakan oleh pihak penyedia server di website tersebut. saat kita mendownload halaman web tersebut hanya tersedia dalam bentuk format HTML.berbeda dengan server side sripting, bisa di sebut sebagai admin, admin ini bertugas memantau dan mengirimkan apa yg di butuhkan si pengguna layanan tersebut menggunakan database php yg bersifat rahasia.

    Asrofi mengatakan...

    Nama : Asrofi
    NIM : 701210169
    Kelas : 3A (Sistem Informasi)

    Kesimpulan yang dapat saya ambil dari materi diatas yaitu:
    Server Side Scripting adalah jenis bahasa pemrograman web yang pengolahannya dilakukan di komputer server, dan hasil pengolahannya kirimkan ke komputer client ataupun pengunjung. Hasil dari pengolahan ini dibuat dalam bentuk bahasa HTML, jadi client pengunjung tidak mengetahui Script asli yang telah ditulis oleh pembuatnya. Client Side Scripting adalah kebalikan dari server side scripting, yaitu bahasa pemrograman web yang pengolahannya dijalankan di komputer client ataupun pengunjung.

    litteldream mengatakan...

    Nama : ferjie aurora tarigan
    Nim: 701210002
    Kelas : 3A
    Client-side scriping adalah bahasa pemograman web yang pengelolah datanya dilakukan oleh komputer pengguna server-side scripting adalah bahasa pemograman web pengelolahan datanya dilakukan oleh komputer server.

    Anonim mengatakan...

    Nama : Deika Tree Andini
    Nim : 701210164
    Kelas : 3A

    Server side scripting merupakan bahasa pemrograman yang bisa dan mengelolanya hanya komputer server / penyedia nya saja,server side ini bersifat rahasia . sedangkan,clien side scripting bisa di kelola oleh pengguna ataupun pengunjung nya.

    lintasblog mengatakan...

    Nama: Reihan Dwi Kusuma
    Nim : 701210003
    kls: 3A

    client side scripting bahasa pemrograman web yg mengolah datanya dilakukan oleh komputer pengguna

    server side scripting pengolahan datanya dilakukan oleh komputer server/penyedia.
    server ini rahasia dari server side scrip, phb, asp, net, Java dll.

    Angelia parera mengatakan...

    Nama: Anggelia parera
    Nim: 701210001

    Jika diartikan secara bahasa, Clientside berarti sisi pengguna dan Server side berarti sisi penyedia.
    Clientside Scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer atau pengguna.

    Server side Script biasanya hanya ada pada web dinamis saja. Server-side Script memengaruhi berat-tidaknya loading sebuah website bergantung pada kecepatan & spesifikasi komputer server.

    TRIO HANDIKA mengatakan...

    Nama : TRIYO Handika
    Nim : 701210083

    Bisa kita ketahui website adalah sebuah wadah untuk memudahkan mencari sebuah informasi,bisa berupa teks ,gambar video dan lain sebagainya, Untuk Membuat sebuah web ,kita juga perlu komponen komponen penyusun ,seperti bahasa pemrograman,bisa menggunakan html dan php,web editor ,web browser dan lainnya

    Anonim mengatakan...

    Nama : Wahyu Irfan
    NIM : 701210170
    Kesimpulannya adalah
    Client Side Scripting merupakan pengolahan data yang dilakukan komputer sipengguna. Dan pengolahan data tersebut dapat dibuat dalam bentuk bahasa HTML.
    Server Side Scripting pengolahan yang dilakukan oleh komputer penyedia yang bersifat rahasia atau tidak bisa dilihat.

    anubde28 mengatakan...

    Nama : Mirmawati
    Nim : 701210008

    Client-side Scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer pengguna/pengunjung. Jadi, ketika seseorang berkunjung ke sebuah web, komputernya akan mendownload data/script yang bersifat client-side di web tersebut.

    Client-side script mempengaruhi berat-tidaknya loading sebuah website yang tergantung pada kecepatan loading & spesifikasi komputer serta koneksi internet penggunanya.

    Client-side script meliputi kode-kode yang ditampilkan ketika anda mengklik kanan pada sebuah halaman web dan melihat sumber halaman (View Page Source). Contoh dari Client-side Script adalah HTML, CSS, JavaScript dan XML.

    Server-side Scripting
    Server-side Scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer server/penyedia. Jadi, setiap kali sebuah web dikunjungi, server akan mengirimkan data-data yang diminta dari database yang kemudian akan ditampilkan di web.

    Server-side Script biasanya hanya ada pada web dinamis saja. Server-side Script memengaruhi berat-tidaknya loading sebuah website bergantung pada kecepatan & spesifikasi komputer server.

    Kode-kode Server-side tidak bisa kita lihat karena sifatnya yang rahasia untuk Client. Contoh dari Server-side Script adalah PHP, ASP, ASP.Net, Java, dan masih

    𝓮𝓷𝓭𝓪 𝓻𝓪𝓱𝓶𝓪 𝓹𝓾𝓽𝓻𝓲 mengatakan...

    Nama: Enda Rahma Putri
    Nim : 701210243
    Kelas : 3A

    Client side scriptring adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer,atau pun pengguna nya, nah,ketika seseorang berkunjung ke web,komputernya akan mendownload data tersebut

    Sedangkan,
    Server side scriptring adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer atau ,server jika web dikunjungi server akan mengirimkan data" yang diminta dari database

    Anonim mengatakan...

    nama : riki
    NIM : 701210010

    client side scriping adalah sebagai client atau pengguna sedangkan server side scriping adalah sebagai penyedia atau yang menyediakan layanan

    terimakah atas ilmunya pak

    selvinarahayu8072@gmail.com mengatakan...

    Nama : Selvina rahayu
    Nim : 701010086
    Kelas: 3A

    -Client side scripting (CSS) merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan disisi client.contoh css adalah html,java,dan xml namun script ini hanya dapat dibaca oleh client dengan fasilitas “view souerce” pada browser,
    -Server side scripting adalah sebuah teknik dalam perancnaan desain web yang melibatkn embedding script dalam dokumen html yang diminta oleh client dari sebuah server.

    Stefani Ayu Resti mengatakan...

    Nama : Stefani ayu resti
    Nim : 701210087

    Kesimpulannya

    Client side srip adalah sebagai pengguna komputer seperti mengunjungi website

    Server side scrip adalah sebagai penyedia layanan yang memberikan akses kepada pengguna, contoh penyedia atau admin website

    ningsihts.my.id mengatakan...

    Nama : SRI WAHYUNINGSIH
    NIM : 701210081
    Kelas : 3A Sistem Informasi

    Kesimpulan Materi 3:
    -Client side scripting (CSS) merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan disisi client.contoh css adalah html,java,dan xml namun script ini hanya dapat dibaca oleh client dengan fasilitas “view souerce” pada browser.

    -Server side scripting adalah sebuah teknik dalam perancnaan desain web yang melibatkn embedding script dalam dokumen html yang diminta oleh client dari sebuah server.

    Anonim mengatakan...

    nama:fatur haikal ramadhan
    kelas:2B
    nim:701210020

    kesimpuln materi 3 yaitu Client side scripting (CSS) merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan disisi client.contoh css adalah html,java,dan xml namun script ini hanya dapat dibaca oleh client dengan fasilitas “view souerce” pada browser.

    Server side scrip adalah sebagai penyedia layanan yang memberikan akses kepada pengguna, contoh penyedia atau admin website

    Unknown mengatakan...

    Nama: Daro Jatul ulya
    Nim : 701210099
    Kelas : 3B

    Kesimpulan server sctipting dan client side scripting

    Client-side scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer pengguna/ pngujung.contoh dari client-side script adalah HTML,CSS, JAVASCRIPT dan XML.
    server-side scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer server/penyedia.contoh dari server-side script adalah PHP, ASP,ASP,NET,JAVA DAN MSOH banyak lagi.

    Anonim mengatakan...

    NAMA : AGI SAPUTRA GINTING
    KELAS : 3B
    NIM : 701210172

    Client side scriptring ATAU adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer,atau pun pengguna nya, nah,ketika seseorang berkunjung ke web,komputernya akan mendownload data tersebut
    server-side scripting adalah bahasa pemograman web pengelolahan datanya dilakukan oleh komputer serverr/PEnyedia jadi setiap kali sebauh web dikunjungi server akan mengirimmkan data data yamg do,omta dari database(DB) yang kemudian akan di tampilkan sebuah di web

    Aditiya Eka Saputra mengatakan...

    Nama : Aditiya Eka Saputra
    Nim : 701210092
    Kelas: 3B
    Prodi: Sistem Informasi
    Fakultas: Sains dan Teknologi

    Menurut saya Client side Scripting sebuah bahasa pemograman yang berasal dari komputer pengguna itu sendiri yang dimana spesifikasi komputer dan kecepatan internet berpengaruh berat tidaknya loading untuk menuju web tersebut sedangkan Server side Scripting disdiakan oleh komputer penyedia, kode yang ada pada server tidak dapat dilihat karena bersifat rahasia.

    Anonim mengatakan...

    Nama : Winda Febriyanti
    Nim : 701210245
    Prodi :Sistem informasi
    Fakultas: Sains dan teknologi

    Kesimpulan : client-side bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer pengguna/pengunjung .jadi , ketika seorang berkunjung kesebuah web, komentar nya akan mendownload data/script yang bersifat client-side diweb tersebut sedangkan server-side script biasanya hanya ada pada web dinamis saja

    Unknown mengatakan...

    Nama : Muhammad Aldo
    Nim : 701210178
    Kelas : 2B
    Prodi : Sistem informasi

    Client-side script meliputi kode-kode yang ditampilkan ketika anda mengklik kanan pada sebuah halaman web dan melihat sumber halaman (View Page Source). Contoh dari Client-side Script adalah HTML, CSS, JavaScript dan XML.
    Server-side Script biasanya hanya ada pada web dinamis saja. Server-side Script memengaruhi berat-tidaknya loading sebuah website bergantung pada kecepatan & spesifikasi komputer server.

    Kode-kode Server-side tidak bisa kita lihat karena sifatnya yang rahasia untuk Client. Contoh dari Server-side Script adalah PHP, ASP, ASP.Net, Java, dan masih banyak lagi.

    Anonim mengatakan...

    Muhammad Syukron
    701210171
    3B sistem informasi


    Dari yang saya baca dapat dipahami dalam pemograman ada cilent side scripting adalah dari sisi pengguna, contoh :html, css.
    Dan server side scripting adalah dari sisi penyedia atau dari server, contoh : Java.

    Unknown mengatakan...

    Nama : annisa harbianti
    Kls : 2 b
    Nim : 701210096

    Server side merupakan sistem yang berjalan di server, sedang client side merupakan sistem yang berjalan di web browser pengguna. Pada dasarnya server side programming ini memiliki arti yang sama dengan backend scripting

    Andihaniifah mengatakan...

    Nama : Andi haniifah
    Nim : 701210176
    Kelas : 3B

    Kesimpulan dari materi 3 ialah,
    Client side scripting ialah sisi penggunaan
    Yang mengunjungi website

    Sementara server side scripting ialah sisi server / penyedia.

    Dian ayu puspitasari mengatakan...

    Nama : Dian ayu puspitasari
    Nim : 701210100
    Kelas : 3B

    Dalam bahasa pemrograman ada istilah client-side (sisi pengguna) dan server-side scriping (penyedia). Dimana segala aktivitas client-side ini dipantau oleh pihak server-side scriping, dimana pengguna tidak harus mengetahui apa yang dilakukan oleh penyedia. Tetapi client dapat merubah tampilan atau isi dari server. Dengan kata lain tetap 1 induk di server-side scriping

    Unknown mengatakan...

    Nama: Muhammad fadly
    Nim :701210019
    klas:3B sistem informasi

    Kesimpulan dari materi ketiga adalah

    Client Side Scripting adalah bahasa pemrograman yang proses pengolahannya dilakukan di komputer pengunjung (Client) Pada client server programming, skrip dieksekusi di browser sedangkan server side programming dieksekusi di client (web browser).

    Unknown mengatakan...

    Nama : M. Teguh Hidayat
    Nim : 701210174
    Kelas : 3B

    Kesimpulannya
    Dengan adanya website ini costumer menjadi mudah mendapatkan informasi tentang barang maupun detailnya tanpa harus datang ke toko.

    JACKY mengatakan...

    Nama : Gabrie farel alfarabi
    Nim : 701210179

    Client side scripting
    Yaitu bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh pengguna/pengunjung.
    Server side scripting
    Yaitu bahasa pemrograman web yg pengolahan datanya di lakukan oleh komputer server/penyedia.

    Unknown mengatakan...

    Nama : Ardhi Dwi Nugraha
    Kelas : 3B
    NIM : 701210175

    Client side scripting Merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya di jalankan oleh komputer pengguna. Contohnya HTML, CSS, JAVASCRIPT.

    Server side scripting merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya di jalankan oleh komputer server. Server side scripting biasanya di gunakan pada web dinamis saja contohnya seperti PHP, ASP, ASP.NET, JAVA

    Unknown mengatakan...

    Nama :Raudah Gadi Ranti
    Kelas :3B
    Nim : 701210012
    Prodi: sistem informasi
    Fakultas: sains dan teknologi

    1. Client Side scripting adalah seseorang berkunjung ke sebuah halaman web komputer nya akan mendownload data/script yang bersifat client side di web tersebut.
    Contoh: html,CSS, javascript,dan xml


    2. Server side scriping adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer server/penyedia. Jadi, setiap kali sebuah web dikunjungi, server akan mengirimkan data-data yang diminta dari database yang kemudian akan ditampilkan di web. Server-side Script biasanya hanya ada pada web dinamis saja.
    Contoh:PHP, ASP, ASP.net,Java,dll.


    Anonim mengatakan...

    Nama : ATIKA YULIANA
    NIM : 701210097
    Kelas : 3B

    Client side scripting (CSS) adalah komputer pengguna. Sedangkan, Server side scripting adalah sebuah penyedia layanan untuk komputer pengguna

    kode-kode client side script bisa kita lihat dengan mudah karena sifatnya tidak rahasia. sedangkan untuk kode-kode server side scripting tidak bisa kita lihat dengan mudah karena sifatnya rahasia.

    Unknown mengatakan...

    Nama : Zulhikmal
    Nim : 701210180
    Kelas 3b sistem informasi

    Kesimpulan
    client side muncul sebagai tampilan web browser untuk user. Contoh client side scripting adalah CSS, JavaScript, JQuery, HTML, XML dan HTML.
    Server side merupakan pemakaian aneka contoh server side scripting dalam sisi server website yang sudah diintegrasikan dengan web engine. Contoh server side scripting adalah JSP (Java Server Pages), ASP (Active Server Pages), PHP (Hypertext Preprocessor), SSI, Lasso, dan ColdFusion.

    Unknown mengatakan...

    Nama : Alda Amelia
    Nim :701210094
    kelas :3-B
    client side scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer pengguna/pengunjung. client side scripting memengaruhi berat tidaknya loading sebuah website yang tergantung pada kecepatan loading dan spesifikasi komputer serta koneksi internet penggunanya

    sedangkan Server side scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer atau server penyedia. server side script biasanya hanya ada pada web dinamis saja dan memengaruhi berat tidaknya loading sebuah website dan bergantung pada kecepatan dan spesifikasi komputer server dan kode kode server side tidak bisa kita lihat karenanya sifatnya yang rahasia untuk client. Contoh nya PHP,ASP,java.

    Unknown mengatakan...

    Nama:Gita Frihatin
    Nim:701210014
    Kelas:3B
    Kesimpulan:
    Server side scripting adalah sebuah bahasa pemrograman yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer server/penyedia.jadi,ketika org berkunjung kesebuah web,komputer akan mendownload data/script yang bersifat client side di dalam web tersebut.contoh dari client side script itu sendiri adalah HTML,CSS, javascript dan XML.

    M. Anas mengatakan...

    Nama : M. Anas
    Nim : 701210177
    Lokal : 3 B
    Prodi : Sistem Informasi
    Fakultas: Sains dan Teknologi

    Kesimpulannya materi diatas yaitu :
    Client-side scripting umumnya lebih mengacu pada suatu program web yang operasinya dijalankan di sisi pengguna melalui sebuah web browser. sedangkan Server-side scripting yaitu sebuah teknik dalam perancangan desain web yang melibatkan embedding script dalam dokumen HTML yang diminta oleh client dari sebuah server, dimana permintaan akan diproses di sisi server melalui aplikasi server-side yang tersedia di server. Contoh dari server side scripting adalah PHP, ASP, ASP.Net, Java, dan masih banyak lagi.

    Anonim mengatakan...

    Ahmad kurnia putra
    701210246
    3b

    kesimpulan yang saya dapat adalah, Client-side Scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer pengguna/pengunjung. Jadi, ketika seseorang berkunjung ke sebuah web, komputernya akan mendownload data/script yang bersifat client-side di web tersebut. sedangkan server side scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya di lakukan oleh komputer server/ penyedia.

    Iqbal Kurniatullah Kumaini mengatakan...

    Nama : Iqbal Kurniatullah Kumaini
    Kelas : 3B
    Nim : 701210011

    Kesimpulanya :

    Client side artinya sisi pengguna,Clien side scriping mempengaruhi berat tidaknya loading sebuah website tergantung pada kecepatan loading dan spesifikasi komputer serta koneksi internet penggunanya

    Server side artinya Sisi server atau penyedia,biasanya server side ini ada pada website dinamis saja serta mempengaruhi berat tidaknya loading sebuah website bergantung pada kecepatan dan speksifikasi komputer server

    kode2 server side tidak bisa kita lihat karena sifatnya yg rahasia untuk client

    contoh Php,Asp,dsb

    Sekian dari saya Terimakasih

    ameliasapna mengatakan...

    Nama : AMELIA
    Kelas : 3B
    Nim : 701210095
    Fakultas : Sains dan Teknologi
    Prodi : Sistem Informasi
    Matkul : Pemrograman Web 2
    Tanggal : 19 September 2022

    Client server dan server side scripting jika diartikan ke bahasa client side berarti sisi pengguna dan server side berarti sisi server/penyedia
    Client side script mempengaruhi tidak loading ny sebuah website yang tergantung pada kecepatan loading dan spesifikasi komputer serta koneksi internet penggunaannya
    Server side script biasanya hanya ada pada web dinamis saja,server side script mempengaruhi berat-tidaknya loading sebuah website bergantung pada kecepatan dan spesifikasi komputer server
    Kode kode server Sida tidak bisa dilihat karna sifatnya rahasia untuk client

    Ashabul Chairi mengatakan...

    Nama: Ashabul Chairi nashrullah
    Nim: 701210016
    Kelas: 3B

    client side scripting adalah pengguna yang mengolah sebuah website dan pegguna tersebut lah yang mengolah nya
    kalau server side scripting adalah sebuah server dari semua yang menggunakan website nya
    contoh nya adalah seperti ibukota sebagai server dan desa sebagai client nya

    Unknown mengatakan...

    Nama :M Danil Aripin
    Nim :701210244
    Kelas :3B

    client side scripting bahasa pemrograman web yg mengolah datanya dilakukan oleh komputer pengguna

    server side scripting pengolahan datanya

    dilakukan oleh komputer server/penyedia. server ini rahasia dari server side scrip, phb, asp, net, Java dll.

    Berlian Pernanda mengatakan...

    Nama : Berlian Pernanda
    Nim : 701210173
    Prodi: sistem informasi
    Kelas: 3B

    Cilent site dan server-side scripting yang dapat di artikan dalam bahasa cilent site adalah pengguna sedangkan server-side adalah penyedia.

    GaleryDesa mengatakan...

    Nama : MITA LESTARI
    NIM : 701210082
    KELAS : 3A
    KESIMPILAN Client side scripting Merupakan sebuah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya di jalankan oleh komputer pengguna.

    GaleryDesa mengatakan...

    Nama : Mita Lestari
    Nim : 701210082
    Kelas : 3A
    Kesimpulan Client-side scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer pengguna/ pngujung.contoh dari client-side script adalah HTML,CSS, JAVASCRIPT dan XML.

    GaleryDesa mengatakan...

    Nama : Saka
    Nim : 701210009
    Kelas : 3A
    Kesimpulan Client-side Scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya dilakukan oleh komputer pengguna/pengunjung. Jadi, ketika seseorang berkunjung ke sebuah web, komputernya akan mendownload data/script yang bersifat client-side di web tersebut. sedangkan server side scripting adalah bahasa pemrograman web yang pengolahan datanya di lakukan oleh komputer server/ penyedia.

    Adiba Bafadal mengatakan...

    Nama : Adiba Bafadal
    NIM : 701210091
    Kelas : 3B

    KESIMPULAN dari Materi 3

    Client Side Scripting merupakan pengolahan data yang dilakukan komputer sipengguna. Dan pengolahan data tersebut dapat dibuat dalam bentuk bahasa HTML.
    Server Side Scripting pengolahan yang dilakukan oleh komputer penyedia yang bersifat rahasia atau tidak bisa dilihat.

    Post Bottom Ad