Header Ads

  • Breaking News

    Konsep Dasar Website dan Internet

    Sepriano, M.Kom - Pengertian Web, Website adalah suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar, video maupun gabungan dari semuanya bersifat statis dan dinamis.

    Sebelum dibahas lebih lanjut, tentunya terlebih dahulu mengetahui pengertian web. Menurut Sibero (2014:11), “Web merupakan suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen digunakan sebagai media untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lainnya pada jaringan internet”. 

    Sedangkan menurut Hidayatullah dan Kawistara (2015:3), “Web adalah suatu sistem yang ditemukan oleh Tim Bernes-Lee untuk menyusun arsip-arsip risetnya, sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan”.

    Berdasarkan teori diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian web adalah suatu sistem yang memudahkan pencarian informasi untuk menampilkan teks, gambar, multimedia dan lain sebagainya pada jaringan internet.

    Internet

    Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani milayaran pengguna di seluruh dunia. 

    Menurut Sibero (2014:10), Internet merupakan kependekan dari kata “Interconnected Network” yang berarti jaringan komputer yang menghubungkan antar jaringan secara global, internet dapat juga disebut jaringan dalam suatu jaringan yang luas. 

    Seperti halnya jaringan komputer lokal maupun jaringan komputer area, internet juga menggunakan protokol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP (Transmission Control Protokol / Internet Protocol). 

    Sedangkan menurut Hidayatullah dan Kawistara (2015:1), “Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia.

    Dengan internet, sebuah komputer dapat mengakses data yang terdapat pada komputer lain di benua yang berbeda”. 

    Berdasarkan teori diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian Internet adalah jaringan global menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya untuk mengakses sebuah data.

    HTTP (Hypertext Transfer Protokol)

    HTTP (Hypertext Transfer Protokol) adalah sebuah protocol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif dan menggunakan hipermedia.

     Menurut Hidayatullah dan Kawistara (2015:5), “Hypertext Transfer Protokol (HTTP) adalah protocol agar client dan server bisa berkomunikasi dengan gaya request-response”. 

    HTTP menentukan bagaimana format pesan dan bagaimana cara pengirimannya, serta bagaimana web browser beraksi dan beraksi terhadap berbagai perintah”. 

    Sedangkan menurut Handoko, Aditya Irfan Puji (2017:3), “Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protocol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.

    Berdasarkan teori diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian HTTP adalah sebuah protocol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia, dimana protocol seperti client dan server bisa berkomunikasi dengan gaya request-response.

    Web Browser

    Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Menurut Sibero (2014:12), web browser adalah “aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk mengambil dan menyajikan sumber informasi web”. 

    Sumber informasi web diidentifikasi dengan Uniform Resource Identifier (URI) yang dapat terdiri dari halaman web, video, gambar, ataupun konten lainnya. 

    Sedangkan menurut Abdulloh (2016:4), “Web Browser digunakan untuk menampilkan hasil website yang telah dibuat. “Web Browser yang sering digunakan di antaranya adalah Mozila Firefox, Google Chrome, dan Safari.

    Berdasarkan teori diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian web browser adalah aplikasi perangkat lunak yang digunakan untuk menyajikan sumber informasi dan menampilkan hasil website yang telah dibuat.

    Web Server

    Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP pada klien yang biasanya dikenal sebagai browser(Mozila Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML. 

    Menurut Nurmiati (2012:2), “Web Server adalah software yang menjadi tulang belakang dari world wide web (www)”. Web Server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozilla Firefox, program browser lainnya. 

    Sedangkan menurut Sibero (2014:11), Web Server adalah “sebuah komputer yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak”.

    Berdasarkan teori diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian web server adalah sebuah server yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras pada sebuah komputer dan menjadi tulang belakang dari world wide web (www).

    HTML (HyperText Markup Language)

    HTML (HyperText Markup Language ) adalah program mark-up yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi didalam sebuah penjelajahan web. Menurut Sibero (2014:19), HTML (HyperText Markup Language) adalah “bahasa yang digunakan pada dokumen web sebagai bahasa untuk pertukaran dokumen web sebagai bahasa untuk pertukaran dokumen web”. 

    Sedangkan menurut Hidayatullah dan Kawistara (2015:13), “HTML(Hypertext Markup Language) adalah bahasa standard yang digunakan untuk menampilkan halaman web. Mengatur tampilan dari halaman web dan isinya adalah salah satu yang dapat dilakukan oleh HTML.

    Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian HTML adalah bahasa yang digunakan untuk menampilkan dan untuk pertukaran suatu dokumen web.

    PHP (PHP Hypertext Preprocessor)

    PHP (PHP Hypertext Preprocessor), yaitu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersamaan dengan HTML.

    Menurut Sibero (2013:49), “PHP adalah pemrograman interpreter yaitu proses penerjemahan baris kode sumber menjadi kode mesin yang dimengerti komputer secara langsung pada saat baris kode dijalankan”.

    Sedangkan Sidik (2014:5), “PHP merupakan salah satu aplikasi eksternal yang bisa digunakan oleh server web, sehinggan server web tidak sekedar untuk memberikan layanan dokumen HTML, tetapi bisa juga menjadi program yang menerima masukan dari luar dan memberikan luaran yang berasal dari database ataupun sumber data lainnya menjadi dokumen HTML”.

    Berdasarkan teori diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian “PHP adalah salah satu aplikasi eksternal yang bisa digunakan oleh server web, sebagai kode mesin yang dimengerti komputer secara langsung pada saat baris kode dijalankan”.

    CSS (Cascading Style Sheet)

    CSS (Cascading Style Sheet) yang berisi rangkaian instruksi yang menentukan bagaimana suatu teks akan tertampil di halaman web. CSS (Cascading Style Sheet) juga bisa berarti meletakkan styles yang berbeda pada layers(lapisan) yang berbeda. Menurut Sibero (2014:112), “Cascading Style Sheet dikembangkan untuk menata gaya pengaturan halaman pada web. 

    Cascading Style Sheet juga memiliki arti Gaya Menata Halaman Bertingkat, yang berarti setiap satu elemen yang telah diformat, maka anak dari elemen tersebut secara otomatis mengikuti format elemen induknya.

    Sedangkan menurut Abdulloh (2016:2), “CSS (Cascading style Sheet) yaitu skrip yang digunakan untuk mengatur desain website. Fungsi CSS adalah memberikan pengaturan yang lebih lengkap agar struktur website yang dibuat dengan HTML terlihat lebih rapi dan indah. Berdasarkan teori di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian CSS adalah untuk mengatur halaman pada web.

    JavaScript

    JavaScript adalah bahasa pemrograman yang bisa disisipkan ke HTML seperti halnya PHP akan tetapi JavaScript berjalan disisi Client. Menurut Sibero (2014:150), “JavaScript adalah suatu bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk dapat berjalan pada web browser”. 

    Sedangkan menurut Abdulloh (2016:3), “Java Script adalah untuk memberikan efek animasi yang menarik, dan interaktifitas dalam penanganan event yang dilakukan oleh pengguna website.

    Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan oleh pengguna website sehingga dapat memberikan efek animasi yang menarik, digunakan agar dapat berjalan pada web browser”.

    JQuery

    JQuery adalah sebuah library JavaScript. Dalam dunia pemrograman, library adalah kumpulan dari berbagai fungsi untuk memudahkan pembuatan sebuah aplikasi. Dengan demikian, jQuery adalah kumpulan fungsi-fungsi JavaScript yang memudahkan penulisan kode JavaScript. 

    Menurut Sibero(2014:218), “jQuery adalah salah satu JavaScript framework. JQuery dibuat untuk meringkas penggunaan CSS Selector dalam suatu pustaka fungsi. JQuery ciri khas pada penggunaan perintahnya, prefix untuk jQuery dengan tanda $ kemudian dilanjutkan dengan fungsi atau perintah. Sedangkan menurut Hidayatullah dan Kawistara (2015:421), “jQuery adalah suatu library JavaScript, karena jQuery berada di atas JavaScript.

    Berdasarkan teori diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian jQuery adalah kumpulan dari beberapa fungsi JavaScript untuk memudahkan dalam pembuatan sebuah aplikasi.

    Basis Data

    Database atau basis data adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat di olah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasanbatasan data yang akan disimpan. Basis data merupakan gudang penyimpanan data yang akan diolahlebih lanjut. 

    Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghindari duplikasi data, hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit. Menurut Rosa dan Shalahuddin (2015:43), “Basis data adalah media untuk penyimpanan data agar dapat diakses dengan mudah dan cepat”. 

    Sistem basis data juga dapat diartikan sebagai sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya memelihara data yang sudah diolah dan membuat informasi dapat tersedia pada saat dibutuhkan.

    Sedangkan menurut Connoly dan Begg dalam Diah Puspitasari (2016:229), “Basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan secara logikal serta deskripsi dari data tersebut, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan informasi suatu organisasi ”. 

    Berdasarkan teori diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian “Basis Data adalah kumpulan alat untuk penyimpanan data yang saling berhubungan secara logikal dan deskripsi agar dapat diakses secara mudah dan cepat”. 

    SQL (Structured Query Language)

    Penggunaan basis data menjadi hal yang penting dalam pengelolaan data yang terstruktur. Untuk mengakses data dalam suatu basis data perlu adanya suatu perintah yang dapat digunakan untuk mengelola data-data yang terdapat didalam suatu basis data. Menurut Bunafit Nugroho dalam Supriyanto (2014:4) menyatakan bahwa “SQL adalah kependekan dari Structured Query Language (bahasa query yang terstruktur) yaitu suatu bahasa permintaan yang terstruktur yang telah distandarkan untuk semua program pengakses database seperti Oracle”.

    Sedangkan menurut Rosa dan Shalahuddin (2015:46) SQL (Structured Query Language) adalah bahasa yang digunakan untuk mengelola data pada RDBMS. SQL awalnya dikembangkan berdasarkan teori aljabar relasional dan kalkulus. 

    Berdasarkan teori diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian SQL adalah suatu bahasa permintaan yang terstruktur yang telah distandarkan untuk semua program pengakses database seperti oracle yang digunakan untuk mengelola data pada RDMS.

    WampServer

    WampServer merupakan sebuah aplikasi yang dapat menjadikan komputer maupun laptop anda menjadi sebuah server atau bisa dikatakan server offline. WampServer adalah singkatan dari Windows, Apache, MySQL dan PHP. Menurut Sibero (2013:370), “Wamp Server adalah suatu paket yang berisi kumpulan software yang digunakan untuk membangun suatu website”. 

    Sedangkan menurut Setyawan. H (2015:5), “Wamp Server merupakan sebuah aplikasi yang dapat menjadikan computer maupun laptop anda menjadi sebuah server atau bisa dikatakan server offline”.

    Berdasarkan dua pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa WAMP adalah suatu aplikasi yang dapat menjadikan komputer sebagai sebuah server berbasis sistem operasi Windows dimana aplikasi WAMP tersebut terdiri dari Apache sebagai web server, MySQL sebagai database dan PHP sebagai bahasa scripting untuk menciptakan halaman web secara dinamis yang akan diakses melalui browser.

    Xampp

    Xampp adalah perangkat lunak (free software) bebas, yang mendukung untuk banyak sistem operasi, yang merupakan kompilasi dari beberapa program. Menurut Sidik (2014:72), “Xampp merupakan paket server web PHP dan database MySQL yang paling populer di kalangan pengembang web dengan menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya. 

    Xampp termasuk paket yang paling bagus updatenya, sehingga paling baik dipilih untuk digunakan untuk development ataupun untuk produksi.

    Sedangkan menurut Abdulloh (2016:5), “Xampp adalah salah satu paket installer yang berisi apache yang merupakan web server tempat penyimpanan filefile yang diperlukan website, dan phpmyadmin sebagai aplikasi yang digunakan untuk perancangan database MyQSL. 

    Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian Xampp adalah untuk memudahkan aktivitas koneksi web server yang digunakan untuk perancangan database khususnya PHP dan MySQL”.

    MySQL

    MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis. Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial.

    Menurut Hidayatullah dan Kawistara (2015:180), “MySQL adalah salah satu aplikasi DBMS (Database Management System) yang sudah sangat banyak digunakan oleh para pemrogram aplikasi web. Kelebihan MySQl adalah gratis, handal, selalu di-update dan banyak forum yang memfasilitasi para pengguna jika memiliki kendala. MySQL juga menjadi DBMS yang sering dibundling dengan web server sehingga proses instalasinya jadi lebih mudah.

    Sedangkan menurut Abdulloh (2016:185), “MySQL digunakan untuk mengakses fungsi-fungsi database pada PHP. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian MySQL adalah salah satu aplikasi DBMS (Database Management System) yang sudah banyak digunakan untuk mengakses fungsi-fungsi database pada PHP.

    PhpMyAdmin

    PhpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui WWW (World Wide Web). PhpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang, relasi indeks dan lain sebagainya).

    Menurut Sibero (2014:376), “PhpMyAdmin adalah aplikasi web yang dibuat oleh phpmyadmin.net. PhpMyAdmin digunakan untuk administrasi database MySQL. Sedangkan menurut Hidayatullah dan Kawistara (2015:184), “PhpMyAdmin adalah tool open source yang ditulis dalam bahasa PHP untuk menangani administrasi MySQL berbasis World Wide Web”.

    Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian “PhpMyAdmin adalah bahasa PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL.

    32 komentar

    TRIO HANDIKA mengatakan...

    Nama : Trio Handika
    Nim : 701210083

    Terimakasih pak materinya sangat bermanfaat🙏

    Nurkhofipah mengatakan...

    nama : nurkhofipah
    nim : 701210165
    Kelas: 3A
    di era teknologi seperti sekarang.Dengan adanya media berbasis website,memudahkan bagi pengakses website baik itu konsumen atau user umum untuk memperoleh informasi produk-produk yang ditawarkan,serta fasilitas kemudahan kepada konsumen untuk memesan barang melalui online.

    Hendra Saputra mengatakan...

    Hendra saputra
    NIM 701210163
    kelas 3A sistem informasi

    website adalah sekumpulan data coding yg menggunakan HTML dan PHP dengan desian menggunakan css dan javascript. untuk mengaktifkan sebuah website dibutuhkan sebuah alamat berupa domain.contoh: www.ngodingedu.my.id
    perlu di garis bawahi website yang menggunakan php perlu sofeware tambahan berupa xampp atau wampserver untuk bisa di akses di web browser untuk bisa masuk ke database.

    Anonim mengatakan...

    nama : riki
    Nim :701210010

    kesimpulan yang saya baca memiliki beberapa point penting diantaranya adalah

    website sebagai media yang memberikan informasi dengan sangat efektif karena menggunakan jaringan internet yang bisa terhubung secara luas. internet merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya.

    pada dasarnya webiste memiliki bagian-bagian yang terstruktur sebagai badan atau tubuh website itu sendriri. diantaranya sebagai berikut

    HTML (HyperText Markup Language), merupakan sebgai kerangka
    JAVA sebagai syaraf
    CSS (Cascading Style Sheets) sebagai kulit yang melapisi bagian luar

    HTML yang berperan sebagai kerangka yang membuat codingan-codingan menampilkan di webiste yang di bikin.
    JAVA berperan sebagai syarat yang menghubungkan dan menggerakan tubuh agar website yang dibuat lebih dinamis dan statis.
    CSS berperan sebagai kulit yang akan mempercantik dan memperindah webisite yang di buat. jika hanya menampilkan syaraf dan karangka tentu akan terlihat seram maka di butuhkan css sebagai kulit luar

    masih banyak lagi diantaranya yang mendukung dan membuat website seperti PHP, JQuery, SQL, dkk.

    terimakasih atas ilmunya pak, mohon maaf bila ada penulisan dan kata-kata yang kurang enak

    Anonim mengatakan...

    Nama: REZA MAULANA SYAUQI
    NIM: 701210006
    kelas: 3A
    Prodi: Sistem Informasi
    Fakultas: Sains Dan Teknologi

    berdasarkan uraian yang saya baca kesimpulannya adalah
    web adalah sistem yang mempermudah untuk mencari informasi. web dapat menampilkan gambar, teks,dan apapun yang ingin dicari semuanya ada di internet. dalam web ada internet yang berfungsi sebagai penghubung komputer satu ke komputer lain untuk mengakses data. sekian dari saya terima kasih:)

    Anonim mengatakan...

    Nama : Wahyu Irfan
    Nim : 701210170
    Kelas: 3A
    Prodi: Sistem Informasi
    Fakultas : Sains dan Teknologi


    Kesimpulan yang saya dapat dari artikel diatas bahwasanya Website meringkup semua data yang tercantum dalam halaman yang kita cari, dan dalam pencarian website kita membutuhkan jaringan internet untuk mengakses sebuah website yang kita tuju. pencarian yang kita tuju bisa melalui web browser sarana untuk menjelajahi website, seperti chrome dan aplikasi lainnya.
    Dan bagi saya ini adalah artikel yang sangat bermanfaat untuk mengetahui lebih jelas tentang website dan strukturnya.

    Coffekenangan mengatakan...

    Nama : Resti Nur Haizza
    Nim : 701210085
    Kelas : 3A

    Kesimpulannya
    Jadi website adalah situs atau lokasi diinternet yang terdiri dari halaman-halaman web yang menapilkan informasi tertentu dan bisa diakses melalui web browser.website sendiri ada beberapa jenis yang dikelompokkan menurut kegunaannya.jenis-jenis website yang paling populer adalah website e-commerce,media sosial,blog,perusahaan,dan website pribadi.sementara itu secara garis besar website memiliki banyak sekali manfaat bagi bisnis maupun individu.beberapa manfaat website adalah sebagai media promosi,toko online,sarana berbagai informasi dan tentunya untuk menghasilkan uang.

    Melky Ardiyansa mengatakan...

    Nama : Melky Ardiyansa
    Nim : 701210005
    Kelas 2A

    Konsep dasar website dan internet sebagaimana Yang diketahui website adalah suatu kumpulan kumpulan halaman yang menampilkan beberapa informasi berupa teks,data,gambar, video maupun gabungan dari semuanya yang bersifat statis dan dimamis.
    Dan pada untuk membuat sebuah web di sini yang kita perlu adalah sebagai berikut :
    Internet merupakan jaringan internet yang terhubung guna untuk menulusri web dan mengakses data selanjutnya http menentukan bagaimana format pesan dan bagaimana pengirimnya selanjutnya web browser alat atau sebuah app yang sebagai tempat untuk mencari atau mengakses informasi selanjutnya ada web server yang melayani berbagai data menerima permintaan dari http dan selanjutnya ada html guna untuk.mendisain atau menyusun struktur dari website dan ada php yang mana di gunakan secara luas untuk.penanganan pembuatan dan pengembangan web dan ada CSS sebagai alat untuk mendisain dan ada juga Java script selanjutnya ada basis data,MySQL,PHPmyadmind yang mana ini merupakan alat untuk membuat data base dan server ya menggunakan XAMPP dan wampp

    futurewife mengatakan...

    NAMA : NURDILLAH LAINA ASYIFA
    KELAS : 3A SISTEM INFORMASI
    NIM : 701210088

    Dalam membuat website kita membutuhkan jaringan, selain itu kita dapat menggunakan HTML untuk membuat sebuah halaman web. PHP juga dibutuhkan dalam membuat website sebagai kode mesin yg dimengerti komputer secara langsung pada saat baris kode dijalankan serta CSS untuk mengatur halaman pada web.

    Anonim mengatakan...

    Nama: Deika Tree Andini
    Nim :701310164
    Kelas :3A Sistem Informasi
    .
    Dapat disimpulkan dari materi diatas bahwa internet juga dibutuhkan dalam website . Dan bisa kita simpulkan juga setiap setiap bahasa pemrograman itu memiliki kelebihan dan kekurangan nya dan ada beberapa bahasa pemrograman dimana satu dan lainnya harus saling terikat ataupun digunakan dalam pembuatan program web kita tidk harus menggunakan 1 bahasa pemrograman bisa satu ,bisa dua atau bahkan lebih, tergantung kebutuhan, sehingga bisa menghasilkan website yang layak di publikasikan.

    coretankata mengatakan...

    Nama : NUR SAFITRI
    Nim : 701210167
    kelas : 3A sistem informasi

    Kesimpulan materi 1 :

    pada pembelajaran hari ini yaitu membahas tentang konsep dasar dan internet, dimana sebulum kita mempelajari untuk membuat website, kita harus mengerti dahulu apa itu website, dimana website itu merupakan sistem yang mempermudah untuk pencarian informasi ,baik itu berupa teks, gambar maupun multimedia pada suatu jaringan internet.
    adapun pengertian internet disini merupakan suatu jaringan global yang yang menghubungkan komputer satu dengan yang lainnnya untuk mengakses data.
    di dalam pembuatan suatu website terdapat : HTTP dimana pengertiannya yaitu suatu protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunkan untuk sistem informasi, selain itu juga terdpat web browser yang merupakan aplikasi perangkat lunak untuk penyajian sumber informasi dan menampilkan web yang dibuat.selain itu juga terdapat web server dimana web server ini yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras, selain itu yang di perlukan HTML,PHP,CSS.
    Selanjutnya terdapat javaScript, JQuery, Basis data, SQL, WampServer,Xampp, MySQL, dan PhpMyAdmin.

    Terimakasih

    litteldream mengatakan...

    Nama: ferjie Aurora Br Tarigan
    Nim : 701210002
    Kelas : 3A
    Dengan adanya website memudahkan pengakses dalam melakukan suatu hal contoh nya dengan adanya sistem penjualan online (e-commerce) maka dapat memudahkan transaksi yang selama ini sifatnya konvensional menjadi modern, konsumen juga menjadi lebih mudah mendapat informasi tentang produk,dengan adanya website ini dapat mempermudah dalam membuat laporan yang sebelumnya Masih manual.

    Stefani Ayu Resti mengatakan...

    Nama : Stefani ayu resti
    Nim : 701210087
    Prodi : sistem informasi

    Kesimpulan nya
    Website merupakan media atau tempat pencarian informasi, dengan menggunakan internet
    Internet adalah komputer yang saling terhubung dengan menggunakan standar sistem global transmision control protocol (TCP).
    Dengan internet, sebuah komputer dapat mengakses data yang terdapat pada komputer lain ditempat yang berbeda.

    Anonim mengatakan...

    Nama : SHERINA ROSSA MELLYNDA
    NIM : 701210084
    Kelas : 2A
    Prodi : Sistem Informasi
    Fakultas:SAINTEK


    Internet adalah jaringan global yang menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainya untuk mengakses sebuah data.Didalam internet terdapat bagian-bagian yang digunakan sebagai perangkat yang berfungsi untuk membantu menjalakan website tersebut,yaitu;HTTP (Hypertext Transfer Protokol),Web Browser,Web Server,HTML(Hyper Text Markup Languege),PHP(PHP Hypertext Preprocessor),CSS(Cascading Stlye
    Sheet),JavaScript,JQuery,Basis Data,SQL (Structured Query Language)WampServer,Xampp,MySQL,PhpMyAdmin.

    lintasblog mengatakan...

    Nama :Reihan Dwi Kusuma
    Nim :701210003
    kls : 3A

    Dgn adanya internet yg mencakup secara global seperti "website" masing masing individu atau kelompok dapat membuat suatu projects yg berkaitan dgn bidang masing2 yg berkaitan dgn berita informasi, yg sifatnya publikasi. Adapun database yg juga bersifat privat bagi suatu kelompok atau individu.
    Dengan adanya internet jelas mempermudah bagi pengguna teknologi dijaman sekarang.

    𝓮𝓷𝓭𝓪 𝓻𝓪𝓱𝓶𝓪 𝓹𝓾𝓽𝓻𝓲 mengatakan...

    Nama : Enda Rahma Putri
    Nim : 701210243
    Kls : 3A

    Website adalah suatu sistem yg dapat memudahkan orang" untuk mencari sebuah informasi,Website dan internet sangatlah penting pada zaman teknologi sekarang ini,dimana dengan melalui internet ,masyarakat bisa mengakses berita "terbaru,berbelanja online dan ataupun berjualan online

    Dan website juga memiliki beberapa bagian seperti http,html,PHP,CSS,dan lainnya

    anubde28 mengatakan...

    Nama : Mirnawati
    Nim : 701210008

    Website adalah salah satu media yang paling sering diakses dan digunakan untuk mencari informasi yang berisi mengenai konten gambar, ilustrasi, video dan teks untuk berbagai kepentingan dan juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi. Faktor utamanya terjadi akibat perkembangan teknologi internet dari tahun ke tahun yang mengalami peningkatan dari sisi pengguna aktifnya.

    Iqbal Kurniatullah Kumaini mengatakan...

    Nama : Iqbal Kurniatullah Kumaini
    Kelas : 3B
    Nim : 701210011

    website atau biasa disebut web, situs, atau situs web merupakan sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yg menyajikan informasi. Berbagai macam informasi tersebut diletakkan pada sebuah server atau hosting yang memungkinkan seseorang untuk mengakses melalui halaman depan.Website merupakan suatu halaman web yang saling berhubungan dan berisi kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio dan video. Secara umum, pengertian web adalah berkas yang ditulis sebagai berkas teks, yang diatur serta dikombinasikan dengan instruksi berbasis html atau xhtml.Sementara itu, berkas web tersebut nantinya akan diterjemahkan oleh mesin browser dan ditampilkan menjadi sebuah halaman atau situs web

    Andihaniifah mengatakan...

    Nama : Andi haniifah
    Nim : 701210176
    Kelas 3B

    Kesimpulan yang dapat saya rincikan dari materi di atas ialah,
    Website ialah suatu sistem yang dapat mempermudah seseorang untuk mendapatkan informasi dengan syarat terhubung oleh internet,
    Karena website dapat di akses jika alat yang di gunakan untuk mengakses website telah terhubung dengan internet.
    Kemudian dari pada itu adapun struktur terbentuknya suatu website bisa di buat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java,dengan kode html, CSS dan lain lain.

    Asinan mengatakan...

    Ahmad Kurnia putra
    Nim : 701210246
    Kelas : 3B

    Kesimpulan saya Website adalah suatu dokumen berupa kumpulan halaman web yang saling terhubung dan isinya terdiri dariberbagai informasi berbentuk teks, suara, gambar, video, dan lainnya, dimana semua data tersebut disimpan pada server.

    Http,html,PHP, css dan lainya ada bagian dari website

    Aditiya Eka Saputra mengatakan...

    Nama : Aditiya Eka Saputra
    Nim : 701210092
    Kelas: 3B
    Prodi: Sistem Informasi
    Fakultas: Sains dan Teknologi

    Menurut Saya web ialah sebuah sistem yang mempermudah untuk mencari sebuah informasi yang mana web tersebut dapat menampilkan gambar, teks, dan lain sebagainya, untuk membuka web kita memerlukan yang nama nya internet, selain untuk membuka web internet jg dapat berfungsi sebagai penghubung komputer ke komputer lain untuk mengakses data.

    Ashabul Chairi mengatakan...

    Nama:Ashabul Chairi Nashrullah
    Nim: 701210016
    Kelas: 3B
    Kesimpulan yang saya dapat dari membaca postingan ini adalah bahwa dalam pembuatan website ternyata tidak sedikit yang harus dikerjakan banyak langkah langkah yang harus dikerjakan seperti pembuatan html sebagai penampil halaman web php sebagai penerjemah kode ada css sebagai pemberian
    tampilan pada website agar terlihat menarik javascript yang kurang lebih sama seperti php ,dan website juga sangat memerlukan internet agar bisa kita membuka website tersebut karena tanpa internet maka website tidak akan bisa dibuka dan juga kita harus membuat server untuk web kita agar bisa dibaca oleh orang banyak,lalu ada juga web browser yang berfungsi untuk membuka website tersebut

    JACKY mengatakan...

    Nama:ZAKY ALFARIZI
    Nim :701210018
    Kelas:3B Sistem Informasi

    Kesimpulan:Dengan adanya website pekerjaan yang terlihat sulit akan jauh lebih mudah
    Apalagi kita dapat memahami website dengan sangat detail itu juga menambah nilai+ terhadap kegiatan yang kita lakukan contohnya berjualan dengan adanya website kegiatan jualan kita akan jauh lebih mudah dan keuntungan situs website dapat membantu calon pelanggan atau pelanggan anda dapat mendapatkan informasi mengenai produk yang kita jual Ketika pelanggan tertarik, mereka akan melakukan transaksi penjualan di dalam website. Dengan begitu, penghasilan bisnis Anda akan ikut meningkat.

    Unknown mengatakan...

    Nama :Gabriel Farel alfarabi
    Nim :701210179

    Website yaitu sistem server internet yang mendukung dokumen yang di format secara khusus.biasanya di format dalam bahasa markup yang biasa di sebut HTML(hyper text markup language) yg mendukung lain, serta file grafik audio dan vidio.

    Unknown mengatakan...

    Nama :Raudah Gadi Ranti
    Kelas :3B
    Nim : 701210012
    Prodi: sistem informasi
    Fakultas: sains dan teknologi


    Website adalah sekumpulan halaman web yang bisa di akses ke publik ,dan bisa di buat oleh individu ataupun perkelompok, dan juga untuk memiliki web presence dan bisa membagikan informasi bisnis secara online

    Anonim mengatakan...

    nama:Fatur haikal ramadhan
    kelas :2B
    nim:701210020
    prodi:sistem informasi
    Fakultas:sains dan teknolgi

    kesimpulan internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung secara global,internet merupakan kependekan dari INTERCONNECTED NETWORK
    guna sistem untuk menyusun arsip riset Dan memudahkan pencarian aplikasi ,Dan internet sebagai sebagai jaringan yang bertugas untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya untuk mengakses data.

    Anonim mengatakan...

    Nama : Winda Febriyanti
    Nim : 701210245
    Prodi : Sistem informasi
    Fakultas: Sains dan teknologi

    Jadi menurut ringkasan yang saya baca dengan kesimpulan bahwa sebuah web atau singakatan dari website adalah sebuah kumpulan halaman yang menampilkan banyak macam jenis seperti informasi,teks,data,gambar, atau vidio yang bersifat statis dan dinamis
    Dari halam website tersebutla yang dapat mempermudah kita untuk melakukan akses pencarian.
    Selanjutnya kita bisa mengakses sebuah web jika adanya akses internet adapula kepanjangan dari sebuah internet adalah jaringan global yang menghubungkan semua situs antar jaringan secara global
    Dan contoh fungsi dari basis data yaitu digunakan untuk menyimpan sekumpulan data yang saling terhubung secara logikal agar dapat diakses secara mudah dan cepat

    Anonim mengatakan...

    nama : agi saputra ginting
    kelas : 3b
    nim : 701210172

    Website merupan yang tercantum di dalam halaman yang kita ingin mencari semua hal
    kita mencari website tujuan kita membutuhkan akses jaringan internet buat akses website yang kita cari
    di era teknologi yang semakkin lama semakin canggih website ini sangat di pengaruh

    ameliasapna mengatakan...

    NAMA :AMELIA
    NIM :701210095
    KELAS :3B
    FAKULTAS :Sains dan Teknologi
    PRODI : Sistem Informasi
    MATKUL :Pemrograman Web 2
    TANGGAL:19 September 2022

    Kesimpulan Materi 1:
    Website adalah situs atau lokasi di internet yang terdiri dari halaman-halaman web, yang menampilkan informasi tertentu dan bisa diakses melalui web browser.

    Website sendiri ada beberapa jenis, yang dikelompokkan menurut kegunaannya. Jenis-jenis website dari yang paling populer adalah website e-commerce, media sosial, blog, perusahaan, dan website pribadi.

    Sementara itu, secara garis besar website memiliki banyak sekali manfaat bagi bisnis maupun individu. Beberapa manfaat website adalah sebagai media promosi, toko online, company profile, sarana berbagi informasi, dan tentunya untuk menghasilkan uang.

    Dan Website juga memiliki beberapa bagian seperti http,html,CSS,PHP,dll

    Internet adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar global TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani milyaran pengguna di di seluruh dunia

    Contoh : Email,ftp,napster

    m.anas mengatakan...

    Nama : M. Anas
    Nim : 701210177
    Lokal : 3 B
    Prodi : Sistem Informasi
    Fakultas: Sains dan Teknologi

    Kesimpulan dari materi ini yaitu :
    Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia. Nah sedangkan Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet.

    Unknown mengatakan...

    Nama : M. Teguh Hidayat
    Nim : 701210174
    Kelas : 3B

    Kesimpulan yang saya dapat dari artikel diatas bahwasanya Website meringkup semua data yang tercantum dalam halaman yang kita cari, dan dalam pencarian website kita membutuhkan jaringan internet untuk mengakses sebuah website yang kita tuju

    GaleryDesa mengatakan...

    Nama : MITA LESTARI
    Nim : 701210082
    Kelas : 2A

    Kesimpulan yang saya dapat dari artikel diatas bahwasanya Website meringkup semua data yang tercantum dalam halaman yang kita cari, dan dalam pencarian website kita membutuhkan jaringan internet .Kesimpulan yang saya dapat dari artikel diatas bahwasanya Website meringkup semua data yang tercantum dalam halaman yang kita cari, dan dalam pencarian website kita membutuhkan jaringan internet untuk mengakses sebuah website yang kita tuju

    Post Bottom Ad