Header Ads

  • Breaking News

    Arsitektur dan Komponen Penyusun Web


    Sepriano, M.Kom - Berikut ini beberapa komponen-komponen yang dapat menyusun sebuah aplikasi web. Komponen ini identik dengan perangkat lunak dengan bahasa pemograman yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi web baik web dinamis maupun web statis. Berikut ini beberapa komponen web penyusun sebuah Web:

    Bahasa Pemrograman / Scriping Language

    Secara garis besar terdapat dua kateori script yang dibutuhkan untuk membuat sebuah aplikasi web, yaitu sebagai berikut:

    Client Side Scriping, dengan contoh: Hypertext Markup Language atau yang biasa disebut dengan (HTM). Untuk Client Side Scriping sendiri merupakan web browser langsung karena didalam web browser sudah terdapat library yang sudah diprogam untuk mengenal perintah-perintah dari Client Side Scriping.

    Server Side Scriping dengan contoh Active Server Page atau yang biasa disebut dengan (ASP). Untuk eksekusinya sendiri biasa dilakukan oleh sisi server diamana modul disebut dengan web engine. Contoh script yang terdapat PHP enginya seperti PHP Engine/Zend. Bagi anda yang menggunakan ASP makan sudah termasuk dengan internet Information Service atay yang dikenal dengan IIS yang biasa diinstal di Microsoft Windows.

    Untuk pembuatan web statis sendiri biasa digunakan script yang digunakan cukup jenis Client Side Scriping. Sedangkan untuk pembuatan website dinamin biasa digunakan Server Side Scriping.

    Web Editor

    Web Editor merupakan salah satu program aplikasi yang bergunsi untuk mengetikan sebuah perintah. Perintah tersebut biasanya dimuat dalam dokumen web baik Client Side Scriping atau Server Side Scriping. Untuk saat ini banyak web ediotr yang menyediakan layanan berbayar hingga gratis.

    Web Browser

    Web Browser merupakan suatu program yang bergungsi untuk menampil dokumen-dokumen dengan format file HTML. Semua jenis web browser akan mengikuti standarisai yang dibuat oleh World Wide Web Consortium yang merupakan badan independent yang bergerak dibidang web dunia. Beberapa web browser yang sering digunakan sebagai berikut:

    1. Web Engine Webkit meliputi Safari, Goggle Chorme
    2. Web Engine Trident meliputi Microsoft Internet Exploere
    3. Web Engine Gecko Mozila Firefox
    4. Web Engine Presto meliputi Opera

    Web Server

    Web Server merupakan salah satu program aplikasi yang memiliki fungsi sebaai tempat penyimpanan dokumen web. Semua dokumen web yang ditulis menggunakan Client Side Scriping maupun Server Side Scriping akan tersimapan di dalam kategori utama web server.

    Port yang digunakan untuk web server Apache Tomchat menggunakan port 8080 untuk deafaultnya. Web Server Vendor pembuat web server tersebut menjadikan file instalasi web server menggunakan database berbasis open source seperti Apache yyang mampu mendukung banyak sistem windows.

    Sedangkan untuk web server yang premium atau berbayar biasanya tidak menyediakan pendukung seperti sistem oprasi. Web server Apache mampu berjalan di beberapa sistem oprasi seperti Microsoft yang berbasis Windows XP ke atas.

    Database Server

    Database Server merupakan progam yang digunakan untuk menyimpan data yang akan diajalankan oleh halaman web. Databse ini biasa di sebut dengan Management Syestem atau DBMS. DBMS sendiri merupakan aplikasi yang menjadi peratara user dan data-data yang berada di dalam databse. Dengan menggunakan DBMS user mampu mengelola data di dalam databse dengan mudah.

    Jenis DBMS sendiri biasanya digunakan oleh komponen opsional yang dalamnya komputer sangat tergantung dengan kebutuhan dari web yang akan user buat. Jika web tersebut menyimpan data-datanya di file dan tergantung dengan kebutuhakn web yang akan di buat. Sebaliknya jika web tersebut membutuhkan media penyimpanan data untuk membuat web menajdi lebih dinamis maka data server sangat diperlukan.

    Jenis DBMS yang digunakan harus sesuai dengan database server, karena aplikasi web merupakan client server yang dapat diakses oleh banyak user dari berbagai tempat dan kondisi selagi masih terhubung dengan koneksi internet. Untuk mendukung komponen itu bajalan maka dibutuhkan aplikasi DBMS yang sejalan dengan Client Server Web.

    Data base server biasanya memilik sistem open source dan ada juha yang close source. Beberapa hal yang harus diperhatikan jika menggunakan databse untuk penyimpanan data-data di halaman web:

    Jenis-jenis DBMS yang digunakan untuk server yang berbasis Client Server atau Data Base Server.

    Sistem oprasi yang digunakan, banyak dari DBMS yang dapat mendkung banyak sistem oprasi komputer. Misalnya saja seperti MySQL bersi dari Microsoft Windows.

    Open Source atau Closed Source

    Terdapat file instalasi yang dipilih, biasanya versi Instal (EXE) atau versi kompres seperti ZIP dan RAR.

    Image Editor

    Image Edior merupakan suatu program dimana aplikasi dapat berfungsi untuk mengolah gambar dengan berbagai format. Biasanya gambar dibutukan di setiap halaman web untuk memperjelas suatu artikel yang akan ditampilkan. Saat ini banyak sekali program pengelolahan gambar seperti Paint, Photeshop, Canva, Adober Premier dan masih banyak lagi.

    Berikut diatas merupakan ulasan tentang Komponen Penyusun Utama dalam Suatu Website yang dapat anda pelajari sebelum membuat website dalam platform Blogger, Wordpress, dan platform lainya.

    Sumber: yanacircle

    41 komentar

    Hendra Saputra mengatakan...

    Hendra saputra
    NIM 701210163
    kelas 3A sistem informasi
    untuk membuat sebuah website di butuhkan bahasa pemrograman seperti HTML dan PHP. website dengan format HTML dan PHP dapat dibaut menggunakan software berupa web editor/text editor yang umum digunakan seperti sublime text dan visual studio code. untuk bisa mengakses nya dibutuhkan web browser, ada banyak web browser yang bisa digunakan seperti Chrome firefox.
    perlu di garis bawahi untuk php dibutuhkan database server (DBSM) yaitu MySQL yang di aktifkan melalui xampp.

    Anonim mengatakan...

    nama:nurkhofipah
    nim :701210165
    kelas:3A
    Database kumpulan data yang berada dibawah kendali software system manajemen database.DBMS yaitu software yang menangani semua aksek ke basis data,yang dimana apabila user melakukan pengaksesan basis data untuk informasi yang dibutuhkan menggunakan suatu bahasa manipulasi data atau sql

    Coffekenangan mengatakan...

    Nama :Resti Nur Hafizza
    Nim :701210085
    Kelas :3A

    Kesimpulannya

    kita dapat mengetahui komponen-komponen pendukung apa saja yang harus ada dalam sebuah website,agar website tersebut dapat berjalan dengan baik antaranya seperti Domain,Hosting,Sever web,Data censter,Cpanel,Content management system(CMS).Dan alur pengembangan aplikasi web dapat menggunakan alternatif model seperti Formulasi,Perencanaan,Analisis,Rekayasa,Implementasi,Pengujian dan Evaluasi oleh konsumen semua itu dilakukan agar website yang kita buat dapat bermanfaat untuk semuanya.

    Anonim mengatakan...

    Nama: REZA MAULANA SYAUQI
    NIM: 701210006
    Kelas: 3A
    Prodi: Sistem Informasi
    Fakultas: Sains Dan Teknologi
    kesimpulannya adalah
    untuk membuat web membutuhkan kerangka yang berupa bahasa pemrograman seperti HTML dan PHP. dan untuk memunculkan perintah adalah web editor. web browser fungsinya untuk tempat untuk menampilkan dokumen dan format file html dan kemudian akan disimpan di database server.

    Anonim mengatakan...

    nama : riki
    NIM : 701210010

    untuk membuat website tentu membutuhkan komponen-komponen yang dibutuhkan yaitu

    clint side scriping meupakan website yang hanya perlu HTML untuk membuat webite dengan menggunakan web editor atau text editor.

    server side scriping merupakan webite yang membutuhkan sebuah server untuk di proses contohnya DBMS yang berfungsi sebagai server


    terimakasih atas ilmunya pak, mohon maaf bila ada salah kata.

    TRIO HANDIKA mengatakan...

    Terimakasih atas materi Arsitektur dan Komponen Penyusun Web ny pak,sangat bermanfaat🙏

    Talitha Marsha Fidela mengatakan...

    NAMA: TALITHA MARSHA FIDELA
    NIM: 701210162
    KELAS: 3A SISTEM INFORMASI

    komponen utama dalam menyusun sebuah aplikasi atau website ialah:
    Bahasa pemrograman web yang memiliki 2 kategori script yaitu Client Side Scriping, script yang dapat langsung terhubung dengan web browser, contoh nya HTML.
    Kemudian ada web editor yaitu suatu program yang berfungsi untuk mengetik suatu perintah pada script, contoh web editor yaitu sublime text.
    Selain itu, ada web browser untuk menampilkan suatu dokumen dalam bentuk HTML dan ada web server untuk penyimpanan suatu dokumen yang telah di tulis pada salah satu script.
    Database server, digunakan untuk menyimpan suatu data pada web yang akan dijalankan. Pada database juga terdapat software sistem operasi contohnya MySQL.
    Image editor, merupakan suatu program atau aplikasi untuk mengolah suatu gambar dalam berbagai format, contoh nya Photoshop, canva, dan lainnya.

    Terima kasih.

    Melky Ardiyansa mengatakan...

    Nama : Melky Ardiyansa
    Nim : 701210005
    Kelas 3A

    Berikut ini beberapa komponen yang dapat membuat sebuah aplikasi web:
    Bahasa pemrograman
    Client side scriping contoh hyper text makrup language atau di sebut dengan HTM merupakan web browser langsung karena di dalam web browser bisa di atur secara langsung
    Client side scriping dengan contoh active server page ASP untuk eksekusi nya sendiri ia biasa di lakukan oleh sisi server di mana modul tersebut di sebut dengan web engine selanjutnya ada web editor yang dimana sebuah program aplikasi yang berfungsi untuk mengetik sebuah perintah yang biasanya di mulai dari client side scriping atau server side scriping web browser alat untuk menampilkan data mau pun sebuah informasi web server sebagai tempat menyimpan dokumen web database server digunakan untuk menyimpan data program yang di jalani jenis jenis dbms seperti open source atau closed source dan image editor

    selvinarahayu8072@gmail.com mengatakan...

    Nama : Selvina rahayu
    Nim :701210086
    Kelas : 3A
    Kesimpulannya
    Database adalah sistem yang dapat mempermudah penyimpanan dan pengelolaan data menjadi lebih efisien. Fungsi utama dari database adalah mengumpulkan informasi, data, dan file secara terintegrasi.
    Database memungkinkan komputer untuk menyimpan informasi penting dengan cara yang terorganisir dan mudah dicari. Tanpa database, fungsi komputer tidak dapat berjalan. Database merupakan kunci penyimpanan informasi dalam komputer. Dalam sebuah sistem yang dijalankan, database berguna untuk mempercepat dan mempermudah cara kerja, Database membuat penyimpanan dan pengelolaan lebih efisien. Contoh paling konret dari database adalah pada pengembangan situs web.beberapa fungsi dari database adalah menghemat biaya, mempercepat pengasetan data, mengontrol data secara terpusat,menjaga keamanan data, multi user.

    litteldream mengatakan...

    Nama : ferjie aurora br tatigan
    Nim: 701210002
    Kelas : 3A
    Untuk membuat sebuah website kita memerlukan beberapa komponen penyusun sebuah web yaitu
    Bahasa pemograman(html,http)
    Dan untuk mengakses web kita memerlukan kita bisa menggunakan browser
    Data base yang di gunakan untuk menyimpan data yang akan menjalani oleh halaman web di sebut DBMS

    lintasblog mengatakan...

    Nama: Reihan Dwi Kusuma
    Nim : 701210003
    kls : 3A

    Bahasa Pemrograman adalah awal yg di butuhkan dalam membuat web aplikasi salah satunya bahasa HTML, PHP, CSS dll.
    Web browser yg berfungsi utk menampilkan dokumen dgn format HTML yg mengikuti standar www.com cth dari web browser seperti google, chrome, Mozilla dll blm sampai disitu ada lagi web server yg berkaitan dgn web editor yg berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen web. Pembuatan web tdk luput dri database/DBMS karna aplikasi web merupakan client server yg dpt di akses oleh banyak user "mySql"

    coretankata mengatakan...

    Nama : NUR SAFITRI
    Nim : 701210167
    kelas : 3A Sistem Informasi

    Kesumpulan materi 2 :
    pada materi kedua ini membahas tentang beberapa komponen yang dapat menyusun sebuah aplikasi web dimana komponen ini diantaranya :
    _Bahasa Pemprograman, dimana yang sering digunakan adalah HTML dan php.
    _Web Editor : mmeiliki fungsi untuk mengetikan sebuah perintah.
    _Web Browser
    adapun web browser yang digunakan diantaranya :
    Web Engine webkit
    web Engine Trident
    web Engine Gexco Mozila
    web Engine Presto
    _Web Server
    dimana web server ini digunakan untuk menyimpanan dokumen web.
    _Database Server
    selain itu juga terdapat Jenis-jenis DBMS yang digunakan untuk server yang berbasis Client Server atau Data Base Server :
    _Image Editor dimana digunakan untuk mengelolah gambar dengan berbagai format.

    ningsihts.my.id mengatakan...

    Nama : SRI WAHYUNINGSIH
    NIM :701210081
    Kelas : 3A

    Kesimpulan Materi 2:
    -Database adalah sistem yang dapat mempermudah penyimpanan dan pengelolaan data menjadi lebih efisien. Fungsi utama dari database adalah mengumpulkan informasi, data, dan file secara terintegrasi.

    -Database memungkinkan komputer untuk menyimpan informasi penting dengan cara yang terorganisir dan mudah dicari. Tanpa database, fungsi komputer tidak dapat berjalan.

    -Database merupakan kunci penyimpanan informasi dalam komputer. Dalam sebuah sistem yang dijalankan, database berguna untuk mempercepat dan mempermudah cara kerja.

    -Database membuat penyimpanan dan pengelolaan lebih efisien. Contoh paling konret dari database adalah pada pengembangan situs web.beberapa fungsi dari database adalah menghemat biaya, mempercepat pengasetan data, mengontrol data secara terpusat,menjaga keamanan data, multi user.

    Anonim mengatakan...

    Nama : Wahyu Irfan
    NIM : 701210170
    Kelas 3A

    Kesimpulannya
    Didalam sebuah website banyak yang belum kita ketahui seperti komponen-komponen didalamnya
    yang mecangkup HTML dan PHP. Dan untuk Client Side Scriping adalah untuk web browser langsung karna didalamnya sudah ada perintah-perintah dari Client Side Scriping itu sendiri, HTML dan PHP sendiri merupakan bahasa pemograman.

    Stefani Ayu Resti mengatakan...

    Nama : Stefani ayu resti
    Nim : 701210087
    Prodi : sistem informasi

    Kesimpulannya
    Scriping language ada dua kategori script yang dibutuhkan untuk membuat sebuah aplikasi web,
    Hypertext markup language bisa disebut juga dengan (HTM). Client side scriping merupakan web browser langsung karena web browser terdapat libary yang sudah diprogram untuk mengenal perintah.
    Active server page bisa disebut juga dengan (ASP). Biasa digunakan oleh sisi server dimana diebut dengan web engine. Bagi mereka yang menggunakan ASP sudah termasuk dengan internet information service atau yang dikenal dengan IIS yang bisa diinstal di Microsoft Windows.

    Anonim mengatakan...

    M.ilham
    Nim 701210004
    Kelas 3A sistem informasi


    -Jenis DBMS sendiri biasanya digunakan oleh komponen opsional yang dalamnya komputer sangat tergantung dengan kebutuhan dari web yang akan user buat.
    - Beberapa web browser yang sering digunakan sebagai berikut:

    -Web Engine Webkit meliputi Safari, Goggle Chorme
    -Web Engine Trident meliputi Microsoft Internet Exploere
    -Web Engine Gecko Mozila Firefox
    -Web Engine Presto meliputi Opera.

    Server Side Scriping dengan contoh Active Server Page atau yang biasa disebut dengan (ASP).

    Angelia parera mengatakan...

    Nama: Anggelia parera
    Nim: 701210001

    Untuk menyusun sebuah aplikasi web membutuhkan beberapa komponen,yaitu bahasa pemograman sebagai intruksi untuk memerintah komputer,Dan web editor menyusun kode program sehingga menjadi aplikasi baru,web browser berfungsi untuk menampilkan dokumen dengan format html,Dan web server sebagai tempat penyimpanan dokumen web.

    𝓮𝓷𝓭𝓪 𝓻𝓪𝓱𝓶𝓪 𝓹𝓾𝓽𝓻𝓲 mengatakan...

    Nama: Enda Rahma Putri
    Nim :701210243

    Seperti yg kita ketahui ,untuk membuat website kita perlu beberapa kompenen pendukungnya diantaranya bahasa pemrograman dengan menggunakan html dan PHP,web editor,web browser ,web server ,database dll

    TRIO HANDIKA mengatakan...

    Nama : Trio handika
    Nim : 701210083

    Bisa kita ketahui website adalah sebuah wadah untuk memudahkan mencari sebuah informasi,bisa berupa teks ,gambar video dan lain sebagainya..

    Iqbal Kurniatullah Kumaini mengatakan...

    Nama : Iqbal Kurniatullah Kumaini
    Kelas : 3B
    Nim : 701210011

    website atau biasa disebut web, situs, atau situs web merupakan sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yg menyajikan informasi. Berbagai macam informasi tersebut diletakkan pada sebuah server atau hosting yang memungkinkan seseorang untuk mengakses melalui halaman depan.Website merupakan suatu halaman web yang saling berhubungan dan berisi kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio dan video. Secara umum, pengertian web adalah berkas yang ditulis sebagai berkas teks, yang diatur serta dikombinasikan dengan instruksi berbasis html atau xhtml.Sementara itu, berkas web tersebut nantinya akan diterjemahkan oleh mesin browser dan ditampilkan menjadi sebuah halaman atau situs web

    Ashabul Chairi mengatakan...

    Nama: Ashabul Chairi Nashrullah
    Nim:701210016
    Kelas: 3B

    website memiliki beberapa beberapa komponen pendukung seperti html web editor web browser web server dbms dan image(gambar)

    dan semua komponen itu sangat berkaitan karena tanpa salah satu nya maka akan cacat lah semua website jadi diamna ada web server dan dbms server sebagai tempat kita menyimpan sebuah data dan ada bahasa pemrograman/html sebagai tempat untuk mengisi sebuah data nya dan ada web browser lalu ada web editor untuk kita mengedit nya dan juga kita bisa menambahkan gambar pada web tersebut

    Asinan mengatakan...

    Ahmad Kurnia putra
    701210246
    3B

    Dari materi yang saya baca , saya mengambil kesimpulan bahwa Aplikasi web merupakan software atau perangkat lunak yang menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS, HTML, Javavscript, dan bahasa pemrograman yang lainya,

    Untuk membuat sebuah aplikasi web, user itu sendiri memerlukan sebuah komponen penyusun sebuah web, dimana komponen yang di butuhkan untuk menyusun sebuah web antara lain,
    • script language : untuk meningkatkan kinerja aplikasi atau program
    • web editor : untuk menulis, melihat dan mengedit file plain text atau text biasa
    • web browser : untuk mengumpulkan data, teks, gambar, video hingga audio
    • web server : untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari komputer lain
    • Database server : untuk mempublikasikan sebuah data
    • image editor : untuk mengolah sebuah gambar baik gambar rester/bitmab maupun vektor

    Unknown mengatakan...

    Nama:Daro Jatul ulya
    Nim:701210099
    Kelas:3B

    Dapat disimpulkan bahwa kita dapat mengetahui komponen apa saja yang bisa kita gunakan untuk membuat sebuah website seperti bahasa pemogran,web editor,web browser,web server dan juga untuk menyimpan data yang akan dijalan kan oleh web adalah DATABASE server

    Aditiya Eka Saputra mengatakan...

    Nama : Aditiya Eka Saputra
    Nim : 701210092
    Kelas: 3B
    Prodi: Sistem Informasi
    Fakultas: Sains dan Teknologi

    menurut saya untuk membuat suatu web kita memerlukan bahasa pemograman,bahasa pemograman sendiri ada 2 macam yaitu client side criping contohnya yaitu HTML dan yg kedua Server side scriping contohnya PHP. Untuk membuat HTML ataupun PHP kita memerluka yang nama nya web editor contohnya seperti Sublime dll, untuk PHP sendiri dibutuhkan database server(DBMS) Contohnya seperti MySQL. sedangkan untuk mengaksesnya kita memerluka web browser contohnya seperti Chrome,dll.

    Anonim mengatakan...

    nama:fatur haikal ramadhan
    kelas :2b
    nim:701210020

    dengan bahasa pemrogaman /scripping languange kita dapat mengetahui komponen-komponen pendukung apa saja yang harus ada dalam sebuah website,agar website tersebut dapat berjalan dengan baik antaranya seperti Domain,Hosting,Sever web,Data censter,Cpanel,Content management system(CMS).Dan alur pengembangan aplikasi web dapat menggunakan alternatif model seperti Formulasi,Perencanaan,Analisis,Rekayasa,Implementasi,Pengujian dan Evaluasi oleh konsumen semua itu dilakukan agar website yang kita buat dapat bermanfaat untuk semuanya.

    Anonim mengatakan...

    nama : agi saputra ginting
    kelas : 3b
    nim : 701210172

    kesimpulan dari saya baca
    Kesimpulan dari artikel diatas adalah ...
    Dibalik website yang dinamis maupun website statis.ada beberapa komponen penyusun untuk bisa menghasilkan web yang di inginkan salah satunya kita membutuhkan Hypertext MarkUp Language

    hypertext markup Language atau disenbut dengan (HTM) untuk clien side scriping sendiri merupkaan web browser langsung karean di dalam web browser sudah terdapat library yang sudah di progam untuk mengenal perintah perintah nya

    Dian ayu puspitasari mengatakan...

    Nama : Dian ayu puspitasari
    Nim : 701210100
    Kelas : 3B

    Dari materi di atas dapat di simpulkan bahwa ketika kita ingin membuat suatu website maka kita dapat menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML dan PHP. Selanjutnya ada web editor untuk mengetik suatu perintah pada script, web browser untuk menampilkan suatu dokumen dalam bentuk HTML , dan web server untuk menyimpan suatu dokumen yang telah di tulis di salah satu script.
    Data base server biasa di sebut managemen system', image editor adalah suatu aplikasi yang berfungsi untuk mengolah, mengedit gambar dengan format yang kita butuhkan.

    Anonim mengatakan...

    Muhammad Syukron
    701210171
    3B sistem informasi


    Untuk membuat aplikasi di perlukan komponen yaitu; bahasa pemograman seperti html dan Java script, web editor seperti css, web browser, web server, database untuk penyimpanan.

    Anonim mengatakan...

    Nama : Winda Febriyanti
    Nim : 701210245
    Prodi : Sistem informasi
    Fakultas :Sains dan teknologi

    Kesimpulan : dalam sebuah sistus web browser membutuhkan arsitektur dan komponen penyusun web seperti bahasa pemrograman,web editor,web browser,web server,dan database server.
    Sebuah bahasa program disebut dengan scriping language dalam sebuah script dapat diedit melalui web editor program aplikasi yang berfungsi untuk mengetikan sebuah perintah

    Unknown mengatakan...

    Nama :M Danil Aripin
    Nim :701210244
    Kelas :3B

    Kesimpulan yang saya dapat dari membaca materi di atas

    Dalam membuat sebuah website, diperlukan sebuah komponen yang dapat menyusun aplikasi web. komponen tersebut terdiri dari Bahasa Pemrograman ataupun Scriping Language yang dapat dikelola pada sebuah text editor.

    Unknown mengatakan...

    Nama :Raudah Gadi Ranti
    Kelas :3B
    Nim : 701210012
    Prodi: sistem informasi
    Fakultas: sains dan teknologi

    Website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berisikan kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio, video maupun gabungan dari semuanya yang biasanya dibuat untuk personal, organisasi dan perusahaan.

    Selain itu

    Database Management System atau biasa disingkat DBMS adalah sistem software yang digunakan untuk menyimpan, mengatur, dan memastikan data-data tersebut tersimpan dengan aman. Dengan DBMS, user bisa membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data yang ada di database.

    Unknown mengatakan...

    Nama : annisa harbianti
    Nim : 701210096
    Kls : 2b

    Web Editor
    Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengetikkan perintah-perintah script, baik dalam bentuk html, maupun php.Contoh web editor: Notepad, Macromedia Dreamweaver.

    JACKY mengatakan...

    NAMA : ZAKY ALFARIZI
    KELAS :3B
    NIM :701210018
    PRODI:SISTEM INFORMASI

    Kesimpulan yang saya dapatkan kita memerlukan beberapa komponen untuk membuat web
    yaitu dengan adanya komponen client side scriping dimana komponen tersebut sudah dipogram untuk mengenal perintah perintah client side scriping

    dan yang kedua merupakan komponen web editor merupakan aplikasi yang berfungsi untuk mengetikan sebuah perintah

    yang ketiga web browser merupakan suatu program yang berfungsi untuk menampilkan dokumen dokumen dengan format file HTML

    dan yang terakhir image editor merupakan suatu program dengan aplikasi yang berfungsi untuk mengelola gambar dengan berbagai format, biasanya image editor sangat dibutuhkan di halaman web yang dimana fungsinya untuk memperjelas suatu artikel yang ditampilkan.

    Unknown mengatakan...

    Nama : Gabriel Farel Alfarabi
    Nim : 701210179
    Kelas: 3b

    Kesimpulan saya yaitu untuk membuat aplikasi web yang dinamis maupun statis memerlukan beberapa komponen tertentu seperti
    scriping lenguage
    Terdapat dua kategori yg di butuhkan untuk membuat sebuah aplikasi web
    1.client side scriping
    2.server side scriping
    Web editor
    Yaitu sebuah program apk untuk mengetikkan suatu perintah
    Web browser
    Berfungsi untuk menampilkan sebuah dokumen dengan format html
    Web server
    Sebuah program yg berfungsi sebagai tempat penyimpanan dokumen web
    Database server
    Suatu program yg digunakan untuk menyimpan data yg akan di jalankanoleh halaman web

    Muhammad Denny mengatakan...

    Nama : Muhammad Denny Oktavia
    Nim : 701210015
    Kelas : SI-3B

    Sebuah web aplikasi telah di bentuk menggunakan bahasa pemrograman

    Dan untuk mengakses sebuah website kita harus memiliki web browser yang terhubung dengan web server dan database server

    ameliasapna mengatakan...

    Nama : AMELIA
    Kelas : 3B
    Nim : 701210095
    Fakultas: Sains dan Teknologi
    Prodi : Sistem Informasi
    Matkul: Pemrograman Web 2
    Tanggal :19 September 2022

    Komponen penyusunan sebuah aplikasi web ini indentik dengan perangkat lunak dengan bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat aplikasi web baik web dinamis maupun web statis.
    Ada beberapa komponen web penyusun sebuah web:
    °bahasa pemrograman/ scriping language
    °Web editor
    °Web browser
    °Web Server
    °database server
    Sistem Operasi yang digunakan banyak dari DBMS yang dapat mendukung banyak sistem operasi komputer .
    Misalnya seperti MySQL berisi dari Microsoft Windows.

    Unknown mengatakan...

    Nama:Gita Frihatin
    Nim:701210014
    Kelas:3B
    Kesimpulan:
    Untuk membuat website tentu kita harus memulainya dgn Bahasa pemrograman/scriping Language yaitu script yang dibutuhkan untuk membuat sebuah aplikasi web,sedangkan untuk pembuatan website dinamis biasa,itu menggunakan Server side scriping.kemudian kita harus mengetahui komponen komponennya yang harus ikut serta dalam web tersebut agar websitenya bisa berjalan dengan baik, komponennya antara lain adalah Hosting,server web,Data centers dan lainnya.

    Anonim mengatakan...

    Nama : ATIKA YULIANA
    NIM : 701210097
    Kelas : 3B

    komponen penyusun web identik dengan perangkat lunak dengan bahasa pemrograman yang biasa kita gunakan untuk membuat aplikasi web baik web statis maupun web dinamis.

    Unknown mengatakan...

    Shelfa alhan 3B
    Nim:701210013

    Untuk mengetikan sebuah perintah bisa menggunakan web editor sedngkan web browser digunakan untuk menampilkan dokumen dengan format html dengan mengikuti standarisasi yang dibuat oleh world wide web consortium.

    GaleryDesa mengatakan...

    nama : Saka
    nim : 701210009
    kelas : 3A
    kesimpulan yang saya dapat dari materi diatas ialah,Secara garis besar terdapat dua kateori script yang dibutuhkan untuk membuat sebuah aplikasi web

    Unknown mengatakan...

    Nama : M. Teguh Hidayat
    Nim : 701210174
    Kelas : 3B

    Untuk mengetikan sebuah perintah bisa menggunakan web editor sedngkan web browser digunakan untuk menampilkan dokumen dengan format html dengan mengikuti standarisasi yang dibuat oleh world wide web consortium.

    Post Bottom Ad