Header Ads

  • Breaking News

    Download Perangkat Mengajar Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Multimedia K-13 Tahun 2021 (Lengkap)


    Cerita Dosen Sepriano - Merencanakan sebelum melakukan adalah sesuatu hal yang bijak. Begitu juga guru yang akan melaksanakan belajar mengajar, guru bisa memulainya dari mempersiapkan dan merencanakan pembelajaran. Salah satu upaya agar pembelajaran bisa lebih efektif adalah dengan mengetahui apa itu perangkat pembelajaran.

    Perangkat pembelajaran adalah kumpulan alat (bantu) yang digunakan guru agar kegiatan dan kinerja guru lebih maksimal dalam aktivitas pembelajaran, perangkat ini terdiri dari media, fasilitas, bahan dan panduan dsb, (bisa di lihat di bawah).

    Perangkat pembelajaran mempunyai misi agar segala aktivitas guru dalam pembelajaran bisa lebih efisien dan efektif serta sukses. Selain itu manfaat atau fungsi dari perangkat pembelajaran itu sendiri adalah sebagai pedoman guru dalam aktivitas belajar mengajar.

    Jadi perangkat pembelajaran adalah instrumen atau perlengkapan untuk melakukan kegiatan mendidik siswa. Perangkat pembelajaran merupakan pedoman guru untuk aktivitas pembelajaran, baik itu di dalam kelas, luar kelas dan laboratorium. Ini berdasarkan penuturan Zuhdan, (2012: 17).

    Manfaat Perangkat Pembelajaran Bagi Guru

    Pada bagian ini akan diuraikan manfaat dan kegunaan perangkat pembelajaran bagi guru

    Perangkat Pembelajaran sebagai Pedoman

    Selain bisa menjadi panduan guru ketika ktivitas pembelajaran terjadi stagnasi atau kebingungan, perangkat pembelajaran juga bisa meningkatkan kapabilitas guru dalam mengajar.

    Sebagai Perbandingan Tolak Ukur/Eevaluasi

    Dengan perangkat pembelajaran, guru bisa menilai hasil kerjanya selama mengajar. Selain itu guru juga bisa melakukan evaluasi/refleksi agar pembelajaran bisa ditingkatkan dari segi kinerja dan cara mengajar agar siswa bisa lebih berkembang.

    Peningkatan Profesionalisme

    Selain menjadi pelengkap administrasi, perangkat pembelajaran juga bisa mengembangkan kedewasaan guru dalam ranah profesional. Guru bisa memaksimalkan dirinya menjadi seorang guru ideal dengan cara melakukan evaluasi kinerja dari waktu ke waktu. Sehingga kapabilitas guru bisa naik level.

    Mempermudah

    Dengan instrumen ini guru bisa lebih mudah dalam aktivitas pembelajaran. Karena dengan administrasi dan tujuan yang jelas bisa menjadikan guru bisa lebih fokus pada proses pembelajaran. Terutama pada implementasi perangkat pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2018 sebagai kelancaran aktivitas.

    Adapun perangkat pembelajaran yang tersedia adalah:

    1. Silabus
    2. RPP
    3. Kalender Akademik
    4. Prota
    5. Promes
    6. Rincian Pekan Efektif
    7. RPE 
    8. Buku Absen
    9. Buku Jurnal
    10. Buku Penilaian

    SILAHKAN DOWNLOAD DISINI 

    Jika terjadi gagal download silahkan tulis di kolom komentar sertakan email, biar nanti kita kirim ke email masing-masing.

    2 komentar

    Unknown mengatakan...

    Terima kasih, sukses selalu

    Guslia Ahmad mengatakan...

    anda keren sekali

    Post Bottom Ad