Header Ads

  • Breaking News

    Cara Membuat Brosur Dengan Corel Draw


    Cerita Dosen Sepriano - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang praktikum dalam mata kuliah Multimedia pada pertemuan ke-5 ini, yaitu pengolahan aplikasi teks dan gambar.

    Namun sebelum rekan-rekan mahasiswa dan para pembaca di blog ini memulai utuk praktek langsung tentu saja diperlukan peralatan dan bahan yang dibutuhkan, peralatan dan bahan diantaranya, Komputer, baik PC ataupun Laptop, Aplikasi Corel Draw, file bahan gambar, printer, kertas, dan lain sebagainya.

    Berikut ini cara membuat brosur di Coreldraw mudah yang bisa Anda ikuti.

    1. Buka aplikasi Corel draw. Kemudian buatlah dokumen baru dengan meng-klik File > New
    2. Setelah muncul kertas dialog pada dokumen baru, tentukan ukuran kertas yang sesuai dengan keinginan Anda. Untuk ukuran brosur Anda akan direkomendasikan menggunakan ukuran A4. Kemudian Klik OK
    3. Setelah dokumen kerja selesai dibuat, Anda harus membuat kerangka brosur terlebih dahulu. Buatlah sebuah persegi panjang pada lembar kerja tersebut. Cukup sesuaikan persegi dengan lembar kerja.
    4. Kemudian buat kembali sebuah persegi panjang dengan bentuk potrait. Ukuran persegi panjang adalah 9 x 31 cm. Jika sudah muncul jendela transformations, maka klik menu bar window > dockers > Transformations > Position. Kemudian Anda tinggal mengatur posisi persegi dan klik Apply. Setelahnya persegi panjang berbentuk potrait tersebut akan menjadi tiga bagian. Menjadikan kerangka brosur memiliki tiga lipatan.
    5. Sesuaikan persegi panjangkan potrait dengan ukuran persegi panjang awal.
    6. Setelah kerangka brosur tiga lipatan selesai, Anda tinggal membuat desain dari brosur tersebut. Buatlah kembali sebuah persegi dengan menggunakan rectangle tool. Lalu Klik kanan pada perseginya, dan pilih convert to curves. Hal itu berfungsi untuk merubah bentuk persegi, jika Anda ingin memberikan warna sebagai background dari brosur.
    7. Jika sudah memiliki gambar yang sesuai untuk dijadikan background dan gambar tertentu untuk menarik perhatian pembaca, Anda dapat menyisipkan gambar tersebut pada kerangka brosur yang telah dibuat di lembar kerja.
    8. Untuk menyisipkan gambar pada lembar kerja, Klik File > Import > Pilih foto yang akan dijadikan desain pada brosur. Aktifkan foto tersebut dengan Klik object > power clip > place inside frame.
    9. Jika desain sudah sesuai dengan keinginan, yang perlu Anda lakukan Andalah memasukan teks berisi informasi yang ingin Anda sampaikan pada pembaca. Pilihlah font yang sesuai dengan desain. Sehingga pembaca akan merasa senang ketika melihat informasi produk yang ditawarkan dan dapat membacanya berulang kali.
    10. Setelah desain brosur selesai, Anda dapat menyimpan file tersebut dengan Klik File> Save
    Untuk informasi lebih jelasnya anda bisa menonton video di youtube dengan keywoard, "cara membuat brosur dengan corel draw". semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi para pembaca semua untuk memulai belajar cara membuat brosur dengan corel draw. 

    1 komentar

    puput icee mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    Post Bottom Ad