Header Ads

  • Breaking News

    Persiapan Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) SMK Jurusan Multimedia


    Cerita Dosen Sepriano - Berdasarkan Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk (1) Mengetahui tingkat capaian hasil belajar/kompetensi peserta didik; (2) Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik; (3) Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik; (4) Mengetahui efektivitas proses pembelajaran; dan (5) Mengetahui pencapaian kurikulum. Namun pada kenyataannya masih banyak sekolah yang belum memahami esensi penilaian dan memenuhi tujuan penilaian seperti standar yang telah ditetapkan.

    Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

    Tahapan UKK untuk jurusan Multimedia sendiri tidak lepas dari pembuatan project akhir berupa Video, Desain Grafis dan Multimedia Interaktif, bisa dikatakan hampir sama tiap tahunnya hanya mengalami beberapa perubahan terhadap tema dan jenis projet yang harus dibuat.Dalam jurusan multimedia sendiri hal yang paling utama dipersiapkan untuk mempersiapkan UKK adalah pemilihan tema yang sesuai dengan pasion dari masing-masing siswa, sebagai contoh siswa yang mahir dalam desain grafis alangkah baikmya jika memilih desain grafis (poster) sebagai UKK nya, hal ini bertujuan agar meningkatkan potensi dari siswa tersebut selain kompetensi yang diakui sekolah juga diakui dari penguji eksternal.

    UKK jurusan Multimedia sendiri setelah diamati oleh penulis mulai dari tahun 2015 hingga kini tidak lepas dari tema dan pemilihan UKK berikut:

    1. Membuat Profil Sekolah/Perusahaan dalam bentuk Iklan Video
    2. Membuat Iklan Layanan Masyarakat dalam bentuk Video dan Poster
    3. Membut Iklan Komersil dalam bentuk Video dan Poster
    4. Membuat Film Pendek
    5. Membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif

    Hal utama dari pemilihan tema yang akan dipilih adalah kesiapan pra UKK yang dilakukan sebelum UKK itu dimulai, UKK sendiri berlangsung selama 3 hari, namun banyak kendala dilapangan dimana UKK dalam waktu 3 hari hanya bisa dilaksanakan oleh SMK yang telah memiliki sarana dan prasarana lengkap, berbeda cerita jika SMK yang baru membuka jurusan multimedia dan belum memiliki SARPRAS pendukung, hal ini biasa diisasati dengan melakukan tahapan pra UKK.

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad