Header Ads

  • Breaking News

    Konsep dasar sistem informasi manajemen berbasis komputer

     

    CERITA DOSEN SEPRIANO - Materi Konsep dasar sistem informasi manajemen berbasis komputer 

    Pokok Bahasan

    1.       Pengertian dan konsep Sistem Informasi

    2.       Computer Based Information System

    Pembahasan

    Sistem Informasi

    Sistem merupakan sebuah komponen yang tediri dari beberapa subsistem yang tertata, saling berinteraksi serta saling bergantung satu sama lainnya. Subsistem yang satu saling terhubung dengan subsistem lainnya sehingga akan terbentuklah sistem yang saling berhubungan.

    Dalam suatu organisasi sangat penting sebuah informasi, jika tidak ada informasi maka organisasi tersebut tidak akan berjalan. Informasi yang didapatkan tentu akan berguna dalam suatu organisasi, sehingga masalah yang muncul akan dapat dipecahkan dengan informasi yang sudah didapat.

    maka dapat dikatakan bahwa sistem informasi merupakan sebuah sistem yang menyediakan informasi, kegunaan sistem informasi sebagai manajemen dalam mengambil suatu keputusan. Sistem informasi juga digunakan di berbagai bidang seperti di bidang ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya.

     

    Computer Based Information System (CBIS)

    CBIS merupakan suatu sistem informasi yang menggunakan komputer, sehingga dapat mencapai sebuah tujuan yang diinginkan. Adapun komponen yang diperlukan dalam CBIS adalah hardware, Jaringan Komputer, Software, Data, Telekomunikasi, Prosedur, dan yang paling utama adalah Manusia sebagai pengolahnya.

     

    Referensi

    1.       Winardi (2016). Pengertian Sistem Informasi. https://studentactivity. binus.ac.id/himsisfo/2016/07/pengertian-sistem-informasi/ (Diakses pada 29 Agustus 2020).

    2.       Anonim. Sistem Informasi Berbasis Komputer. http://dinus.ac.id/ repository/docs/ajar/si-02 (Diakses pada 29 Agustus 2020).

    3.       Kusnedi (2016).  Konsep Dasar Sistem Informasi. http://repository.ut.ac.id/ 4069/1/PKOP4422-M1.pdf  (Diakses pada 29 Agustus 2020).

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad