Header Ads

  • Breaking News

    Knowledge Management dalam Organisasi

    Pada kesempatan kali ini saya akan menulis dan memaparkan bagaimana peran penting Knowledge management dalam sebuah organisasi.

    1. Pengertian dan konsep knowledge management dalam organisasi
    2. Penggunaan IT untuk mengaktifkan knowledge management.

    Knowledge management atau manajemen pengetahuan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menganalisis, menjalaskan serta meningkatkan berbagai pengetahuan dan pengalaman untuk dipelajari  dan di laksanakan di dalam organisasi.

    Pengetahuan yang dimiliki harus bisa membangun organisasi tersebut agar organisasi tersebut dapat bertahan. Salah satu cara agar organisasi tersebut dapat bertahan adalah dengan  mewajibkan setiap anggota organisasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.


    Konsep dari manajemen pengetahuan ini meliputi pengelolaan sumber daya manusia dan teknologi informasi dengan untuan untuk mencapai organisasi yang lebih baik.

    Knowledge management sistem merupakan salah satu aspek dalam knowledge management yang mengacu pada berbagai sistem informasi teknologi atau IT yang digunakan untuk menyimpan serta menyebarluaskan pengetahuan yang ada.

    Agar konsep knowledge management dapat diimplementasikan dengan baik, ada beberapa cara knowledge management system yang dapat dipilih, diantaranya sistem groupware, intranet dan extranet, sistem managemen dokumentasi, sistem managemen konten, sistem pendukung keputusan, penggalian dan penyimpanan data, alat simulasi, jaringan sematik, dan alat penggunaan artificial inteligence

    Sumber Referensi:

    Widayanti R (2012). Penerapan Knowledge Management Dalam Organisasi. https://www.esaunggul.ac.id/penerapan-knowledge-management-dalam-organisasi-2/ (Diakses pada 31 Agustus 2020).

    Anonim (2015). Cara Memilih Knowledge Management System Terbaik. https://dataquest.co.id/2015/09/02/caramemilihknowledgemanagement-system-terbaik/ (Diakses pada 31 Agustus 2020).

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad